Ilustrasi prostitusi online. Ilustrasi: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

Pelaku Prostitusi Online di Penjaringan Pasang Tarif Rp 1,5 Juta

Estimasi Baca:
Sabtu, 1 Sep 2018 16:00:00 WIB

Kriminologi.id - Pelaku prostitusi online memasang tarif pada pelanggannya Rp 1,5 juta sekali kencan. Untuk menggunakan jasanya itu, pelanggan diminta mentransfer uang tanda jadi sebelum menentukan lokasi pertemuan. 

Hal ini yang dilakukan Lamhari Kurniawan, anggota sindikat prostitusi online yang tertangkap polisi yang menyamar sebagai pengguna jasa esek-esek melalui media sosial Facebook. 

Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok, AKP Faruq Rozi kepada Kriminologi.id mengatakan, usai mendapati informasi adanya tawaran jasa prostitusi itu, tim cyber langsung menelusurinya.

"Setelah kami telusuri ternyata benar ada salah satu akun Facebook yang menawarkan jasa esek-esek itu. Akunnya itu atas nama allam kurniawan," ucap Faruq, Sabtu, 1 September 2018.

Dengan temuan itu, polisi langsung berkomunikasi dengan pengguna akun dan berpura-pura ingin memesan jasanya. Setelah melewati komunikasi yang alot, pengguna akun Facebook akhirnya sepakat untuk bertemu pada Sabtu, 1 September 2018, dini hari.

Belakangan diketahui pemilik akun tersebut bernama Lamhari Kurniawan alias Alam.

Lokasi pertemuan itu, kata Faruq berlangsung di Cordex Hotel di Jalan Lodan Raya, Jakarta Utara. Tersangka meminta polisi yang menyamar itu mentransfer sejumlah uang sebagai tanda jadi.

"Dalam kesepakatan itu tersangka memasang tarif sebesar Rp 1,5 juta tapi tersangka meminta kami untuk mentransfer uang Rp 500 ribu sebagai tanda jadi," kata Faruq.

Tak mau target incarannya lepas, kata Faruq, pihaknya menyetujui permintaan tersangka. Setelah mentransfer sejumlah uang yang diminta tersangka, polisi langsung menuju ke lokasi.

Di Cordex Hotel kamar bernomor 209 di hotel itu, Alam dan seorang wanita berinisial AB telah menunggu. Tersangka terkejut saat kedatangan para petugas. Ia tidak bisa berbuat apa-apa. Akhirnya, Alam dibekuk polisi tanpa perlawanan.

"Kami menangkap tersangka di salah satu kamar yang sudah di sepakati sebelumnya," kata Faruq.

Polisi kemudian menggelandang tersangka Alam beserta barang bukti ke Mapolres Pelabuhan Tanjung Priok untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Reporter: Rizky Adytia
Penulis: Yenny Hardiyanti
Redaktur: Syahrul Munir
KOMENTAR
500/500