Pelaku pencurian alat musik Gereja GKPI, Kelurahan Tanjung Gusta, Medan. Foto: Ist/Kriminologi.id

Pembobol Gereja GKPI Angkut Perangkat Musik Usai Rusak Pintu Belakang

Estimasi Baca:
Kamis, 12 Jul 2018 20:30:13 WIB

Kriminologi.id - Dua pembobol gereja mengangkut seperangkat musik pengiring ibadah Gereja GKPI Kelurahan Tanjung Gusta, Medan Helvetia, Senin, 9 Juli 2018. 

Pelaku menggondol peralatan musik setelah menjebol pintu belakang gereja. Seperti Keybord, gitar listrik, dua speaker sedang dan besar, laptop dan kipas angin yang dijarah pelaku. 

Dua pelaku adalah Petrus Zebua (24) dan Miduk (40), yang ditangkap Tim Pegasus Polsek Medan Helvetia di lokasi berbeda, Kamis, 12 Juli 2018. 

Petrus ditangkap saat mengendarai motor di seputaran Jalan Karya Kelurahan Cinta Damai. Sedangkan Miduk dibekuk di rumahnya alamat pasar V Cinta Damai Helvetia pinggir rel kereta.

pencurian alat musik di gereja GKPI
Organ di Gereja GKPI Medan

Penangkapan kedua pelaku pembobolan itu berawal dari laporan warga. Polisi yang telah mendapatkan laporan pencurian ini dari laporan pendeta Uliman Sihotang, dengan nomor Laporan Polisi: LP/445/VI/2018/SU/RESTABES MEDAN/SPK MEDAN HELVETIA.

pencurian alat musik di gereja GKPI
Gitar milik Gereja GKPI yang digondol pencuri.

Berbekal laporan tersebut, polisi langsung mendatangi lokasi dan menangkap Petrus tanpa perlawanan. Kepada petugas, Petrus mengakui melakukan tindakan tersebut. 

Setelah dilakukan pengembangan, polisi mendapatkan informasi kalau Petrus melakukan aksinya itu bersama Miduk. Tanpa membuang waktu lama, polisi langsung memburu Miduk ke lokasi yang telah dikantonginya itu. 

Miduk pun ditangkap dengan relatif mudah tanpa melakukan perlawanan. Keduanya mengaku melakukan pencurian tersebut dengan menjebol pintu belakang. 

"Pelaku bahwa sanya kedua pelaku masuk dari pintu belakang dengan cara merusak pintu," ujar Kanit Reskrim Polsek Medan Helvetia, Iptu Ryan Permana, dalam laporan yang diterima Kriminologi.id. 

Dalam penangkapan tersebut, polisi menyita barang bukti organ merek Roland, gitar listrik, speker besar dan sedang, laptop dan kipas angin. 

Redaktur: Syahrul Munir
KOMENTAR
500/500