Lokasi pembunuhan Bonar alias Kate di Kampung Tengah Kramat Jati, Jakarta Timur. Foto: Rahmat Kurnia/Kriminologi.id

Pembunuhan Kate di Kramat Jati, Warga Dengar Teriakan Maling

Estimasi Baca:
Rabu, 8 Ags 2018 19:35:44 WIB

Kriminologi.id - Bonar alias Kate (28) tewas dengan luka bacok di rumahnya sendiri, Jalan Remaja II, Kampung Tengah, Kramat Jati, Jakarta Timur. Pelaku merupakan tetangga korban sendiri.

Detik-detik kematian Kate diceritakan Ningsih (41) warga setempat. Rumah Ningsih terletak di depan lokasi tewasnya Kate.

Dia mengatakan, sebelum Kate tewas, ia dan keluarganya mendengar keributan dari luar rumah. Di kesempatan lain ia mendengar teriakan maling pada Rabu, 8 Agustus 2018 sekitar pukul 01.30 WIB. 

"Lagi tidur kebangun karena ada yang ribut-ribut, ada yang teriak maling juga," kata Ningsih di lokasi, Rabu, 8 Agustus 2018.

Ningsih pun penasaran. Ia bergegas keluar dari kamarnya dan mengecek ke arah sumber teriakan yang tak lain di depan rumahnya itu.

"Saya naik ke atas, lihat, pas dilihat ada orang dibacok, saya langsung masuk ke kamar lagi. Takut.." ujarnya.

Ketika di dalam kamar, Ningsih masih sempat mendengar teriakan minta tolong. Namun dirinya tidak berani keluar hingga beberapa saat kemudian tidak ada suara keributan lagi di luar rumahnya.

Ningsih dan keluarga kemudian mengecek keluar. Mereka melihat seorang pria yang diketahui bernama Kate tewas tergeletak di depan rumah kosong di  sekitar lokasi. Melihat korban bersimbah darah Ningsih kembali ke dalam rumah dan tidak berani keluar lagi sesudahnya. Ia mengaku baru keluar setelah warga lain keluar rumah.

Dari informasi yang diperoleh Krimonologi.id, keributan awalnya terjadi di dekat rumah korban di daerah Jalan Tamian Ujung, RT 07 RW 04, Kramat Jati, Jakarta Timur. Korban kemudian melarikan diri dengan menggunakan sepeda motor.

Dua pelaku kemudian mengejar korban dengan menggunakan sepeda motor. Korban dan pelaku terlibat kejar-kejaran hingga ke Jalan Remaja II, sekitar 3 kilometer dari lokasi kejadian awal di Jalan Tamian.

Di Jalan Remaja II, korban rupanya salah memilih jalan. Setengah jalan Remaja II dalam perbaikan dan tidak bisa dilewati kendaraan. Korban pun melarikan diri dengan berlari dan meninggalkan sepeda motornya. Kedua pelaku kemudian mengejar korban.

Korban ternyata tidak bisa melarikan diri setelah salah satu pelaku menyabetkan celurit ke tubuhnya. Ia sempat berlari namun kembali terjatuh di depan rumah kosong atau 12 meter dari korban meninglalkan sepeda motornya.

"Habis dibacok di sini dia lari ke rumah kosong itu, kalau ngeliat ada empat bercak darah di jalan," kata seorang saksi yang enggan menyebutkan identitasnya.

Warga itu mengatakan, polisi mendatangi lokasi kejadian setelah dihubungi warga lainnya. Di lokasi polisi langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Tidak lama berselang, kepolisian kemudian mengamankan satu tersangka bernama Slamet Riyadi yang tak lain tetangga korban sendiri.

"Satu tersangka masih dalam pengejaran kepolisian," kata Kapolsek Kramatjati, Kompol Nurdin Arahman. MG

Reporter: Rahmat Kurnia
Penulis: Marselinus Gual
Redaktur: Djibril Muhammad
KOMENTAR
500/500