Shelter Cafe and bar di Jalan Sulanjana, Bandung, Foto: Arief Pratama/Kriminologi.id

Penembakan di Tol Pasteur, Pemicunya Ribut Dalam Shelter Cafe & Bar

Estimasi Baca:
Sabtu, 1 Sep 2018 15:35:39 WIB

Kriminologi.id - Penembakan pria tak dikenal terhadap Hani, salah seorang wanita yang menjadi penumpang mobil di Pintu Tol Pasteur, terjadi setelah keributan di dalam Shelter Cafe & Bar, Bandung. Kerbutan ini diduga menjadi pemicu aksi penembakan oleh pria tak dikenal hingga menembus leher Hani.

Salim dan Mahmudi, dua anggota rombongan, Hani sempat terlibat cekcok mulut dengan tamu lainnya di dalam bar. Perselisihan berujung adu fisik ini sempat terjadi di dalam depan kursi sopa.

Kursi sopa itu posisinya persis di depan panggung utama yang biasa menjadi tempat disc jockey atau DJ menampilkan aksinya.  

"Memang ada kejadian yang berkelahi di dalam ya, " kata Iwan, ketika Kriminologi.id menjumpainya di lokasi, Sabtu, 1 September 2018.

Iwan melanjutkan, dua orang yang berseteru di dalam bar itu langsung diusir oleh sekuriti keluar ruangan sesuai dengan ketentuan. Namun dirinya sama sekali tidak mengetahui apa penyebab kedua tamu barnya itu berseteru.

Bila pengunjung bertengkar di dalam kafe, maka pengunjung yang terlibat akan dikeluarkan dari tempat tersebut, demikian Iwan menyebutkan aturan yang ditetapkan dalam bar tersebut. 

https://cdn.kriminologi.id/news_picture_thumb/sekuriti-shelter-cafe-bar-1535781695.jpg

"Peraturan di sini memang gitu, kalau ada yang berkelahi sama sekuriti dikeluarkan," kata Iwan.

Menurut Iwan, jika perkelahian terjadi di area parkir Cafe Shelter & Bar, maka itu bukanlah menjadi tanggung jawab sekuriti. Pada umumnya, kata Iwan, keributan itu terjadi akibat senggolan sesama tamu saat berjoget atau karena mabuk berat.  

"Area parkir itu bukan tanggung jawab sekuriti, biasanya gitu," Iwan melanjutkan.

Lebih lanjut, Iwan mengatakan dirinya mendapatkan laporan dari tukang parkir kalau dua tamunya itu kembali saling serang di tempat parkir, Kamis, 30 Agustus 2018 malam itu. 

Sebelumnya diberitakan, seorang wanita menjadi korban penembakan oleh orang tidak dikenal di Tol Pasteur, Bandung. Penembakan itu terjadi pada Jumat, 31 Agustus 2018 dini hari.

Peristiwa tersebut bermula saat sembilan orang dari Purwakarta mengendari dua mobil menuju Bandung. Rombongan ini masuk ke Shelter Cafe dan Bar di Jalan Sulanjana Nomor 14, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis, 30 Agustus 2018 pukul 22.30 WIB.

Tak berapa lama di dalam kafe, beberapa anggota rombongan tersebut yakni Salim dan Mahmudi terlibat pertengkaran dengan dua orang tidak di kenal di parkiran. Beruntungnya pertengkaran dapat dilerai penjaga parkir.

Keduanya pun kembali masuk kafe. Pada pukul 03.40 WIB, rombongan dua mobil tersebut meninggalkan kafe dan hendak pulang ke Purwakarta.

Namun, baru beberapa meter di pintu Tol Pasteur, orang tidak dikenal menembak dari arah belakang. Tembakan tersebut mengenai leher Hani, salah satu penumpang di dalam mobil Avanza yang dikendarai Salim.

Saat itu, Hani duduk di sebelah kiri penumpang barisan kedua. Posisi para penumpang adalah, Salim sebagai sopir, Mahmudi samping kiri sopir. Di belakang Mahmudi ada Hani.

Di samping kanan Hani ada Bela, dan di samping kanan Bela atau di belakang Salim (sopir) itu Mita. Korban Hani sempat dirawat di RS Dustira TNI Cimahi dan dirujuk ke RS Hasan Sadikin Bandung. 

Reporter: Arief Pratama
Penulis: Yenny Hardiyanti
Redaktur: Syahrul Munir
KOMENTAR
500/500