Herdi Sibolga tewas ditembak di Penjaringan, Jakarta Utara, Foto: Kriminologi.id/Rizky Adytia

Penembakan Herdi Sibolga, AX Kalah Tender Bisnis Solar Miliaran Rupiah

Estimasi Baca:
Kamis, 2 Ags 2018 16:05:55 WIB

Kriminologi.id - Polisi menyebut penembakan Herdi Sibolga yang ditemukan tewas di Penjaringan, Jakarta Utara dilatari persaingan bisnis. AX yang merupakan otak penembakan tersebut hingga kini masih diburu.

Kriminologi.id memperoleh informasi dari kepolisian yang menyebutkan persaingan bisnis yang dimaksud adalah persaingan bisnis solar antara AX dan Herdi. 

Herdi Sibolga

Menurut informasi itu, Herdi mengalahkan AX dalam tender penyaluran solar untuk kapal. Padahal, Herdi adalah pendatang baru, sementara AX adalah pemain lama dalam bisnis tersebut.

Kehadiran Herdi dalam bisnis penyaluran solar untuk kapal itu tak pelak mengusik eksistensi AX sebagai pemain lama di bisnis tersebut.

Selain mengusik eksistensinya, AX merasa keuntungan yang diraihnya dari bisnis penyaluran solar untuk kapal menjadi berkurang sejak kehadiran Herdi.

Kekalahan itulah yang diduga kuat melatari AX mencari orang untuk menembak mati Herdi.

"Korban (Herdi) sudah menang dengan benar tapi si pelaku (AX) ini karena sudah merasa orang lama tapi penjualannya kurang, jadi merencanakan itu (penembakan)," ucapnya.

Namun pemberi informasi tersebut mengaku tak tahu nilai nominal tender penyaluran solar yang dimenangkan Herdi itu.

Akan tetapi, menurut yang ia ketahui, laba dari bisnis penyaluran solar itu mencapai miliaran rupiah. 

"Kalau nominal ya enggak tahu pasti jumlahnya. Tapi bisa dibayangkan aja kalau per-hari berapa kapal yang merapat untuk isi bahan bakar," katanya.

Herdi Sibolga
 
Penembakan Herdi terjadi pada Jumat, 20 Juli 2018 malam saat ia baru saja tiba di rumahnya  Polisi kemudian menangkap empat orang pelaku penembakan yaitu AS (41), JS (36), PWT (32), dan SM (41). 

Keempatnya mengaku mendapat perintah dari AX untuk menghabisi nyawa Herdi dengan iming-iming imbalan uang Rp 400 juta.

Meski pada kenyataannya AX baru memberi uang Rp 50 juta untuk keempat pelaku, namun keempatnya tetap melakukan penembakan terhadap Herdi. 

AX selain memerintahkan penembakan juga menyediakan senjata api untuk membunuh Herdi. RZ

Reporter: Rizky Adytia
Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500