Ilustrasi Pembunuhan (08/06/2018). Foto: cerminnews

Penulis Cina Terlibat Pembunuhan 23 Tahun Lalu, Terungkap Berkat DNA

Estimasi Baca:
Selasa, 31 Jul 2018 19:00:27 WIB

Kriminologi.id - Pengadilan di Huzhou, Provinsi Zheijang, Cina menjatuhkan hukuman mati kepada dua pria pelaku pembunuhan empat orang pada 1995 silam. Pembunuhan tersebut terungkap berdasarkan kecocokan DNA.

Diberitakan Xinhua, Selasa, 31 Juli 2018, dua pria yang dijatuhi hukuman mati itu adalah Liu dan Wang. Keduanya dinyatakan bersalah melakukan perampokan dan pembunuhan atas empat orang. 

Pengadilan juga melucuti hak politik dan menyita seluruh harta pribadi Liu dan Wang seumur hidup.

Perampokan dan pembunuhan keji itu terjadi pada 29 November 1995 silam. 

Satu keluarga terdiri dari tiga orang yang mengelola penginapan di Desa Shengshe, Kota Zhili dibunuh oleh Liu dan Wang yang saat itu menginap di penginapan itu.

Seorang tamu yang kebetulan menginap di penginapan tersebut juga dibunuh oleh keduanya.

Selama lebih dari dua dekade kasus itu tenggelam karena kurangnya barang bukti. Kasus pembunuhan itu menemukan jawaban usai polisi melakukan pencocokan DNA pada 2017 lalu.

Pencocokan DNA itu menemukan kecocokan dengan Liu dan Wang hingga polisi akhirnya menetapkan keduanya sebagai tersangka pembunuhan.

Kasus pembunuhan ini menyedot perhatian, karena selama ini Liu dikenal sebagai penulis novel terkenal di Provinsi Anhui, sebuah provinsi yang bertetangga dengan Zheijang di Cina timur.

Dalam sebuah wawancara dengan televisi lokal, Liu mengaku beberapa novel yang ditulisnya terinspirasi oleh pemikirannya tentang pembunuhan yang pernah ia lakukan dua dekade yang lalu itu.

Reporter: Reza Yunanto
Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500