ilustrasi pesawat. Foto: c-aviation.net

Pesawat Dimonim Air Hilang Kontak di Papua

Estimasi Baca:
Sabtu, 11 Ags 2018 16:45:36 WIB

Kriminologi.id - Sebuah pesawat milik maskapai penerbangan Dimonim Air hilang kontak dalam penerbangan dari Tanah Merah menuju Oksibil, Pegunungan Bintang, Papua.

Informasi yang dikumpulkan Kriminologi.id, pesawat komersil dengan nomor registrasi PK-HVQ tersebut berangkat dari Tanah Merah, Sabtu, 11 Agustus 2018 pada pukul 13.42 WIT. 

Menurut jadwal, pesawat tersebut seharusnya telah tiba di Oksibil sekitar pukul 14.20 WIT. Namun hingga berita ini diturunkan, pesawat tersebut belum terdeteksi keberadaannya.

Pesawat yang hilang kontak tersebut berjenis Pilatus PC-6 Porter, diawaki oleh pilot Leslie Sevuve dan flight officer Wayan Sugiarta.

Berdasarkan manifes penerbangan, pesawat tercatat mengangkut 9 orang yang terdiri dari 7 orang penumpang dan 2 kru penerbangan.

Kontak terakhir pesawat itu dengan Tower Oksibil melaporkan posisi overhead di ketinggian 7.000 feet dan meminta untuk joining long final Runway 11.

Saat itu petugas air traffic-controller (ATC) di Tower Oksibil memberikan informasi cuaca dan kondisi runway use. Namun sesaat setelah posisi overhead tersebut, petugas ATC tidak berhasil melakukan komunikasi kembali dengan kru pesawat.

Petugas Tower Oksibil sempat berusaha melakukan komunikasi dengan pesawaat menggunakan telepon selular, namun gagal karena kondisi signal yang tidak bagus.

Pada saat kontak pertama pesawat dengan Tower Oksibil, kondisi cuaca dilaporkan dalam keadaan; Wind 110 degrees 9 knots, Visibility 1-2 KM, area ke arah Iwur, area right base, area left bese tertutup awan. 

Informasi tambahan yang diterima dari pesawat PK-FSG yang telah landing bahwa cloud base 4.700 feet.

Reporter: Reza Yunanto
Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500