Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis. Walda Marison/Kriminologi.id

Polda Metro Kerahkan 5.000 Personel Amankan Takbiran dan Salat Id

Estimasi Baca:
Kamis, 14 Jun 2018 19:08:59 WIB

Kriminologi.id - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis menginstruksikan kepada 5.000 personel untuk mengamankan malam takbir dan salat Idul Fitri. Pengamanan itu digelar di lokasi-lokasi yang dijadikan tempat salat Idul Fitri baik di masjid atau lapangan.

"Seluruh jajaran kita bekerja. Polda Metro Jaya mengerahkan 2/3 kekuatan yang ada baik mulai dari Polsek maupun Polres semuanya kita kerahkan," ujar Idham Azis di lapangan Polda Metro Jaya, Kamis, 14 Juni 2018.

Pengerahan pasukan itu, lanjut, Idham demi mengamankan situasi lebaran agar warga merasa aman dalam merayakan Idul Fitri.

Untuk salat Idul Fitri yang akan dilaksanakan besok, pihaknya akan menerjunkan pasukan untuk mengamankan seluruh masjid yang ada di seluruh DKI Jakarta.

"Kita sebar ke seluruh masjid-masjid yang ada di wilayah DKI Jakarta atau di lapangan-lapangan yang melaksanakan salat, contohnya lapangan Blok A, kemudian di lapangan Mabes Blok S dan beberapa tempat lain," kata Idham.

Jika dalam berlangsungnya dua kegiatan tersebut terdapat potensi adanya tindakan yang meresahkan masyarakat oleh pihak tertentu, maka pihaknya tidak segan untuk melakukan tindakan tegas.

Idham memerintahkan 13 Polres yang ada di wilayahnya agar tidak segan menambil tindakan tegas dan terukur bagi pihak yang membuat kegaduhan yanh berpotensi perbuatan kriminal.

"Agar aman bagi masyarakat yang akan melaksanakan malam takbir, aman bagi masyarakat yang melaksanakan salat Idul Fitri tapi tidak aman bagi pelaku kriminal," tegasnya.

Idham menghimbau agar masyarakat menjalankan malam takbir dengan santun dan tidak merugikan orang lain.

"Lakukan lah pelaksanaan takbir dengan santun dengan baik mengumandangakan asma Allah, asma Tuhan," tutupnya. AS

Reporter: Walda Marison
Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500