Polisi Bermoge Serobot Mobil di Pintu Tol. Foto: Ist/Kriminologi.id

Polda Telusuri Polisi Penunggang Moge Dinas Serobot Mobil di Pintu Tol

Estimasi Baca:
Selasa, 4 Sep 2018 16:10:09 WIB

Kriminologi.id - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menelusuri polisi penunggang motor gede atau Moge dinas yang terekam video menyerobot salah seorang pengendara mobil saat hendak memasuki pintu tol. 

Tindakan anggota yang menggunakan moge berplat nomor dinas polisi itu dinilai telah menyalahi aturan.

Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan anggota polisi yang menggunakan kendaran dinas memang diperbolehkan untuk masuk jalan bebas hambatan. 

Akan tetapi, harus menggunakan akses yang telah diberikan oleh pihak Jasa Marga.

"Anggota yang menggunakan motor dinas, termasuk juga mobil dinas itu, (memiliki) akses khusus ke sana dan itu tidak bayar. Ada kita punya aksesnya," ucap Kombes Yusuf saat dikonfirmasi, Selasa, 4 September 2018.

Selain tak menggunakan akses yang telah diberikan, Yusuf juga menyebut jika anggota polisi yang masuk ke dalam tol seharusnya menunggu kendaraan lain yang ada di depannya. Posisi polisi lebih tepatnya di sisi kanan atau lebih dekat ke mesin akses tol.

Berdasarkan rekaman video yang beredar di media sosial, polisi menggunakan moge itu muncul dari sebelah kiri dan menyerbot mobil pengguna jalan berbayar. 

Dengan hal itu, Yusuf menyebut pihaknya saat ini tengah mencari identitas polisi itu. 

Bahkan, ia juga mengatakan akan memberikan sanksi atau hukuman terhadap oknum polisi itu.

"Ya pasti dong (diberikan hukuman). Makanya saat ini sedang kita cari itu siapa," kata Yusuf. 

Sebelumnya diberitakan, seorang polisi yang menggunakan motor besar atau moge menyerobot akses masuk pintu tol seorang pengendara mobil beredar di media sosial.

Video tersebut viral usai diunggah akun Facebook bernama Zenrin Zen sejak Minggu, 2 September 2018.  

"Pagi2 mau masuk toll , polisi main serobot saja. Bener-bener konyol. Apakah kepolisian tdk ada budget buat anggotanya masuk Toll sampai harus ngerjain warga ?" tulis akun tersebut pada keterangan video.

Dalam video tersebut seorang anggota polisi masuk ke gerbang tol disela-sela saat mobil yang diserobotnya akan masuk tol. Saat gerbang tol terbuka, polisi langsung melewati mobil kemudian melaju di jalan tol.

Sementara pengemudi yang telah menempelkan kartu akses tol akhirnya tak bisa melintas karena palang pintu langsung tertutup usai moge polisi itu melintas.

Reporter: Rizky Adytia
Redaktur: Syahrul Munir
KOMENTAR
500/500