Ilustrasi ojek online. Ilustrasi: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id

Residivis Curanmor Beraksi Kenakan Jaket Ojol Sebagai Kamuflase

Estimasi Baca:
Senin, 10 Sep 2018 20:05:22 WIB

Kriminologi.id - Dua pelaku pencurian kendaraan bermotor di Surabaya, Jawa Timur nekat mencuri dengan modus memakai jaket atau atribut ojek online atau ojol sebagai kamuflase agar tidak dicurigai oleh korban. Salah satu pelaku merupakan residivis yang tiga kali masuk penjara.

Penangkapan terhadap dua pelaku yang masing-masing inisial MS (42), warga Simo Mulyo Baru, Surabaya, dan AR (25), warga Simohilir, Surabaya, Jawa Timur berdasarkan laporan Putri Utari, warga Simo Mulyo. 

"Pelaku ini beraksi sekitar jam 3 pagi, di daerah Simo Mulyo," kata Kanit Resmob Polrestabes Surabaya, Iptu Bima Sakti, Senin, 10 September 2018.

Saat kedua pelaku beraksi, tim Resmob sedang patroli rutin. Keduanya berhasil dibekuk petugas setelah dilumpuhkan dengan timah panas kepada keduanya di bagian kaki. 

"Sebelum kendaraan hasil curian tersebut diseberangkan ke 480 (penadah, red) daerah Madura, kedua pelaku ini dapat kami amankan," ujar Bima menambahkan.

Bima menjelaskan, salah satu pelaku merupakan residivis yang sudah tiga kali masuk penjara. Sedangkan satu orang lainnya ditengarai adalah rekrutan baru. 

Menurut Bima, salah satu pelaku menggunakan atribut yakni jaket ojek online (ojol). Polisi menduga, jaket atau atribut ojol tersebut hanya sebagai kamuflase agar tidak dicurigai oleh korban. 

"Kemungkinan, menggunakan jaket Grab ini agar korban terkelabuhi dan tidak dicurigai oleh korban," katanya. 

Barang bukti yang diamankan antara lain, satu unit kendaraan Honda Vario yang merupakan hasil kejahatan, satu unit Honda Beat yang digunakan untuk sarana, satu buah kunci T, dan sebuah jaket bertuliskan Grab.

Kini pelaku terancam hukuman pidana penjara selama 6 tahun, atas pelanggaran pasal 363 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan.

Redaktur: Achmad Sakirin
Sumber: RRI
KOMENTAR
500/500