Dok. Rilis kasus miras oplosan trobas di Malang (13/4/2018). Foto: Ist/Kriminologi.id

Samarkan Pabrik Miras, Pelaku Sewa Gudang Dekat Bengkel Vulkanisir Ban

Estimasi Baca:
Selasa, 17 Apr 2018 15:37:50 WIB

Kriminologi.id - Sebuah tempat produksi minuman keras berskala besar di Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, sengaja menyewa gudang miras berdekatan dengan bengkel vulkanisir ban agar tersamarkan. Polres Kudus menggerebek tempat rumah produksi sekaligus gudang miras yang sudah berlangsung selama 1,5 tahun.

Dani, salah seorang pekerja di tempat pembuatan miras itu mengatakan, tempat dirinya bekerja itu digerebek polisi pada Senin, 16 April 2018. Rumah pembuatan miras itu, kata Dani, dikerjakan oleh 3 orang.

Para pekerja yang bertugas meracik bahan untuk dibuat miras merupakan warga Tuban. Gudang yang digunakan untuk tempat produksi miras, kata Dani, merupakan tempat yang disewa karena di lokasi serupa juga terdapat tempat usaha bengkel dan vulkanisir ban.

Menurut Dani dalam sehari bisa menghasilkan 150 liter miras yang dikemas dengan botol plastik berukuran 1,5 liter. Salah satu kamar yang digunakan untuk menyimpan ratusan botol, ditemukan miras dari belasan merek.

Di lokasi poduksi miras tersebut terdapat sejumlah peralatan penyulingan berskala besar. Selain itu ratusan drum plastik berukuran 200 liter yang berisi bahan baku minuman keras yang masih dalam proses fermentasi. Gudang berukuran sekitar 20 meteran persegi tersebut berada di lokasi gang buntu dan tersamarkan dengan adanya aktivitas perbengkelan dan vulkanisir ban. 

Agus, salah seorang setempat mengaku tidak mengetahui bahwa di dekat rumahnya ternyata terdadap tempat produksi minuman keras. Namun warga mengetahui bahwa tempat tersebut sering dijadikan tempat bertransaksi minuman keras. Bahkan beberapa warga lain mengaku di lokasi itu sering tercium bau minuman keras.

Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning membenarkan bahwa jajarannya berhasil mengungkap tempat yang diduga sebagai produksi minuman keras.

"Hingga kini, pengungkapan yang diduga dijadikan tempat produksi minuman keras tersebut masih didalami," ujarnya.

Polres Kudus juga tengah memintai keterangan dari sejumlah saksi terkait tempat produksi minuman keras di Desa Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Redaktur: Achmad Sakirin
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500