Lokasi yang terdapat di video viral satpam diduga minta pungli di Blok B Tanah Abang, Jakarta. Foto: Rizky Adytia/Kriminologi.id

Satpam Tanah Abang Ngamuk pada Pedagang yang Tak Setorkan Uang Pungli

Estimasi Baca:
Selasa, 28 Ags 2018 14:10:59 WIB

Kriminologi.id - Aksi pungutan liar atau pungli yang dilakukan oleh sejumlah satpam atau sekuriti terhadap pedagang di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, dinilai telah sering terjadi selama beberapa tahun terakhir. Sekuriti bakal ngamuk pada pedagang yang tak menyetorkan uang pungli. 

Hal itu diungkapkan oleh seorang kuli panggul atau porter yang bernama Akri. 

Menurut pria berusia 29 tahun itu, aksi pungli yang dilakukan oleh beberapa oknum sekuriti itu menjadi rahasia umum. Sebab tak jarang dirinya melihat para pedagang dimintai sejumlah uang.

"Wah itu sih bukan pertama kali, tapi sudah sering. Mungkin kalo viralnya emang baru sekali. Kalo dari penglihatan saya sendiri itu udah satu tahun lebih," ucap Akri kepada Kriminologi.id saat ditemui di lokasi, Selasa, 28 Agustus 2018.

Dalam melancarkan aksi pungli itu, kata Akri, para oknum sekuriti itu selalu beraksi secara berkelompok. Bahkan, para oknum itu meminta uang kepada pedagang mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu.

"Kalo yang saya lihat sendiri itu mereka minta Rp 100 ribu tapi kadang juga ada yang bilang Rp 50 ribu," ucap Akri.

Selain itu, dalam aksinya para oknum sekuriti itu kerap meminta uang kepada pedagang dengan berasalan uang keamanan dan kebersihan. Meski kerap mendapat penolakan, kata Akri, para oknum itu tak segan berlakukan kasar kepada para pedagang dengan cara berkata kasar hingga menggertak.

"Banyak juga yang ngga ngasih uang tapi mereka maksa. Kebanyakan kalau tidak dikasih ya mereka marah-marah," ucap Akri.

Sebelumnya diberitakan, sebuah video viral sejumlah oknum sekuriti yang diduga meminta uang sewa lahan ke pemilik toko di Tanah Abang beredar di media sosial.

Video tersebut viral usai diunggah akun Facebook Chen Yin Hiung pada Minggu, 26 Agustus 2018.

Dalam video berdurasi 1 menit 30 detik yang viral itu, tampak seorang oknum satpam tengah terlibat adu mulut dengan seorang pemilik toko yang mengenakan kaus abu-abu.

Keributan itu terjadi diduga lantaran oknum sekuriti meminta sejumlah uang kepada pedangan itu.

Reporter: Rizky Adytia
Penulis: Tito Dirhantoro
Redaktur: Syahrul Munir
KOMENTAR
500/500