Sekeluarga Gasak Tas di Mal Cimahi, Peran Cucunya Bikin Suasana Gaduh

Estimasi Baca :

Aksi pencurian tas di mal Cimahi. Foto: Fuffy Shop Cimahi/Youtube - Kriminologi.id
Aksi pencurian tas di mal Cimahi. Foto: Fuffy Shop Cimahi/Youtube

Kriminologi.id - Kasus pencurian tas yang pelakunya merupakan satu keluarga di Mal Cimahi, Bandung, Jawa Barat memiliki tugas berbeda saat beraksi. Pembagian peran ini berhasil mengecoh penjaga toko tas hingga dua barang dagangannya itu pindah tangan tanpa disadari penjaganya.    

Semuanya menjalankan peran masing-masing saat beraksi, mulai mengamati kondisi sekitar, mengalihkan perhatian penjaga toko hingga memecah konsentrasi dengan membuat suasana gaduh. 
   
Peran yang disebutkan terakhir, yakni membuat suasana gaduh dilakukan dua anak kecil yang dibawa keluarga tersebut. Dalam rekaman CCTV yang diterima Kriminologi.id, anak kecil itu mondar-mandir di sekitar toko tas dengan suara yang tak pernah berhenti. 

Ocehan si anak itu membuat suasana toko yang dipadati rombongan pelaku itu menjadi riuh. Sedangkan perempuan yang menggunakan jilbab putih sejak datang hingga meninggalkan toko sibuk membetulkan jilbabnya, seperti yang bertugas memantau kondisi. 

"Jadi tidak semua langsung melakukan pencurian, mereka bagi-bagi tugas. Kalau saya kan fokus ke pelaku yang satu, soalnya dia tanya warna dan harga tas. Si ibu itu yang ambil barang. Kalau anak kecil yang mereka bawa bikin ribut di toko situasinya saat itu," ujar Murni, penjaga toko yang juga sebagai saksi, Kamis, 12 Juli 2018. 

Murni, penjaga Toko Tas di Mall Cimahi, Murni (28) yang menjadi saksi kasus pencurian ini mengatakan, aksi pencurian terjadi saat kondisi toko agak ramai oleh pengunjung. Belakangan diketahui pengunjung yang datang ke tokonya itu masih satu keluarga. 

Kasus pencurian tas di Mall Cimahi, yang viral di youtube, dengan pelaku tiga orang perempuan, yang merupakan satu keluarga. Ketiganya berhasil ditangkap polisi.  

"Pengunjung hari sabtu itu ramai, saya berjaga sendirian, sehingga pengawasan terhadap para pengunjung menjadi sedikit kendor," jelasnya, Kamis, 12 Juli 2018. 

Murni menambahkan, saking banyaknya pembeli dirinya tidak fokus memperhatikan perilaku pengunjung saat itu. Murni tidak sadar kalau seorang pembeli yang terus bertanya-tanya harga dan beberapa kali meminta dicarikan warna lain ini ternyata sedang mencoba mengalihkan perhatian dirinya. 

"Karena sedang banyak pengunjung, jadi saya juga engga fokus sama barang-barang yang dipegang orang yang datang. Apalagi ibu-ibu yang beli tas itu kan tanya harga dan ganti-ganti model yang mau dilihat, jadi akhirnya lolos dari jangkauan saya," ungkapnya.

Namun dirinya baru sadar usai sekeluarga itu keluar toko kalau dua tas hilang.  

"Saya baru sadari ketika seorang pelaku bertugas melihat-lihat tas di sisi kiri toko, pelaku lainnya melihat kondisi toko, dan si ibu yang diperkirakan otak pencurian bertugas mengambil tas dari rak toko," paparnya. MSA

Baca Selengkapnya

Home Hard News Umum Sekeluarga Gasak Tas di Mal Cimahi, Peran Cucunya Bikin Suasana Gaduh

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu