Bus pariwisata jatuh ke jurang di Sukabumi. Foto: FB Adhitiya Ramadani

Sopir Bus Maut di Sukabumi Belum Tersangka, Polisi: Masih Diperiksa

Estimasi Baca:
Senin, 10 Sep 2018 17:45:30 WIB

Kriminologi.id - Muhammad Adam, sopir bus maut yang terperosok ke jurang dan menyebabkan 21 orang tewas masih menjalani pemeriksaan. Polisi belum menetapkan sopir pengganti itu sebagai tersangka.

"Pengemudi yang sempat kabur belum ditetapkan (tersangka). Masih kita periksa," kata Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto.

Menurut Agung, polisi masih memeriksa dan menunggu kondisi Adam pulih mengingat ia juga mengalami luka-luka akibat kecelakaan tersebut.

Dikatakan Agung, polisi tengah menyelidiki proses pertukaran sopir bus yang semula dikemudikan Jahidi sebagai sopir asli kepada Adam yang sebenarnya seorang kernet atau kondektur bus.

"Apakah ada pertukaran, itu didalami," terangnya.

Selain mendalami soal pertukaran pengemudi itu, menurut Agung, polisi akan meminta keterangan kepada penyelenggara perjalanan mengapa memilih melewati jalur Cikidang yang dikenal sebagai jalur rawan, sehingga berbahaya jika pengemudi tidak handal mengemudikan kendaraannya.

"Pihak penyelenggara jasa perjalanan juga akan kita periksa. Kenapa lewat jalur tersebut. Karena jalur tersebut memang rawan untuk bus," tutup Agung.

Adam diketahui sempat melarikan diri usai terjadinya peristiwa nahas tersebut. Ia mengaku sebagai kondektur bus, namun belakangan mengaku sebagai pengemudi bus saat terperosok ke jurang.

Diberitakan sebelumnya, bus pariwisata nopol B 7025 SAG yang terperosok ke jurang pada Sabtu, 8 September 2018  tersebut menewaskan 21 orang penumpangnya.

Bus tersebut mengangkut puluhan karyawan dealer motor Honda PT Catur Putra Group Bogor. Mereka berencana akan berwisata ke lokasi arung jeram di Kecamatan Cikidang.

Reporter: Arief Pratama
Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500