Ilustrasi: Pembobolan ATM, Ilustrasi: Kriminologi.Id/S. Dwiangga Perwira

Timah Panas Akhiri Aksi Perburuan Polisi Vs Pembobol Mesin ATM Gresik

Estimasi Baca:
Jumat, 7 Sep 2018 22:35:57 WIB

Kriminologi.id - Polisi menembak pelaku pembobolan mesin ATM yakni H (37) di sebuah mini market di Desa Morowudi, Kecamatan Cerme, Gresik. Dalam aksi tersebut polisi menembak kaki pelaku karena hendak melarikan diri saat hendak ditangkap.

Kapolsek Cerme AKP Tatag Sutrisna mengatakan, pelaku mengendari Toyota Avanza warna hitam nopol 2910 KE. Peristiwa itu terjadi pada sore ini, sekitar pukul 15.30 WIB. 

"Benar ada kejadian tersebut, setelah kami mendapatkan laporan tentang seringnya kejadian pembobolan ATM di kawasan Morowudi," katanya, Jumat, 7 September 2018.

Usai mendapat laporan terkait adanya pembobolan ATM tersebut, kata Tatag, pihaknya berkoordinasi dengan Satreskrim Polres Gresik untuk mengamankan pelaku. Dalam penangkapan, polisi dan pelaku sempat kejar-kejaran.

Polisi, kata Tatag, sudah meminta pelaku menyerahkan diri. Namun, imbauan ini tidak dihiraukan pelaku H. Kemudian, petugas terpaksa mengeluarkan tembakan peringatan. Tetapi, pelaku tetap melarikan diri dan akhirnya dilumpuhkan.

"Pelaku sempat kami imbau dengan baik-baik untuk menyerahkan diri. Namun, tidak dihiraukan kita keluarkan tembakan peringatan. Pelaku tetap lari. Sesuai prosedur, kita lumpuhkan pelaku," ujar Tatag. 

Tatag menjelaskan, modus yang digunakan pelaku untuk membobol mesin ATM adalah dengan menganjal mesin ATM. Pelaku melakukan aksinya dengan masuk ke ATM minimarket, kemudian menganjal lubang ATM dengan alat tertentu.

Pelaku kemudian keluar menunggu orang mengambil uang hingga mesin macet. Setelah itu, pelaku masuk dan mengambil uang dari ATM milik korban. 

Saat ini, kata Tatag, pelaku dibawa ke RSUD Ibnu Sina Gresik untuk mendapatkan perawatan setelah mengalami luka tembak. 

KOMENTAR
500/500