Dok. Suasana Lalu-lintas di Tol Cipali, Foto: Antara

Volume Kendaraan Tinggi, Pedagang Asongan di Tol Cipali Dirazia

Estimasi Baca:
Rabu, 13 Jun 2018 22:05:24 WIB

Kriminologi.id - Pedagang asongan yang menjajakan barang dagangan di sekitar tol Cikopo-Palimanan (Cipali), dirazia petugas. Razia dilakukan untuk mengantisipasi semakin parahnya kemacetan karena pemudik yang berhenti untuk membeli makanan ataupun minuman di sekitar kilometer 73.

Puluhan personel Kepolisian Polda Jawa Barat dengan mengendarai kendaraan roda dua dan roda empat, diterjunkan dalam razia tersebut.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, kemacetan di ruas tol Cipali terjadi akibat tingginya volume kendaraan yang datang dari arah Jakarta menuju Cirebon. 

Kemacetan ini juga terjadi akibat banyaknya kendaraan yang masuk ke rest area atau tempat peristirahatan tol Cipali kilometer 86.

"Selain upaya penertiban pedagang asongan yang berjualan di dalam jalan tol, Polda Jawa Barat juga memasang traffic cone, untuk menghindari adanya pemudik yang zig-zag (berpindah-pindah jalur)," ujar Agung di Posko Terpadu Cikopo Cikampek Purwakarta Jawa Barat, Rabu, 13 Juni 2018, dilansir dari Antara.

Menurutnya, pedagang asongan yang terjaring razia tidak dikenakan sanksi. Mereka hanya diimbau keluar dari area tol dan diminta menjual dagangannya di ruas jalan arteri. 

Kapolda Jawa Barat Irjen (Polisi) Agung Budi Maryoto menambahkan, untuk mencairkan kepadatan kendaraan di ruas tol, personel kepolisian juga sudah turun ke rest area kilometer 86 Cipali, guna meminta pemudik tidak berlama-lama beristirahat dan bergantian dengan pemudik lainnya.

"Kepadatan terjadi di rest area, karena sejak kilometer 90 Cipali, kendaraan yang mengarah ke Cirebon sudah berjalan cukup lancar," katanya.

Redaktur: Achmad Sakirin
Sumber: RRI
KOMENTAR
500/500