Tumpukan sampah. Foto: Pixabay

Waspada, Buang Sampah Sembarangan di Cirebon Terancam Denda Rp 50 Juta

Estimasi Baca:
Rabu, 5 Sep 2018 09:45:27 WIB

Kriminologi.id - Masyarakat yang biasa membuang sampah di sembarang tempat harus berhati-hati jika berada di wilayah Cirebon. Pemkot Cirebon memberikan sanksi denda Rp 50 juta bagi masyarakat yang kedapatan membuang sampah sembarang. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon, Abdul Syukur di Cirebon, mengatakan jika ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan akan dikenakan sanksi, dimulai dari sanksi administratif hingga pidana.

"Ada sanksinya seperti denda maksimal Rp 50 juta dan kurungan penjara paling lama tiga bulan," kata Syukur, Selasa, 4 September 2019.

Syukur mengatakan, Perda tentang Pengelolaan Sampah tersebut merupakan perubahan dari Perda tentang Pengelolaan Kebersihan yang disahkan pada tahun 2002.

"Ini perubahan perda yang dahulu dan di peraturan ini diatur bagaimana sampah dibuang, ada zonasi dan larangan untuk membuang sampah sembarangan," kata Syukur melanjutkan.

Dalam perda yang baru disahkan itu, kata Syukur, ada beberapa poin di antaranya dilarang mencampur sampah limbah berbahaya dengan sampah rumah tangga. Selain itu, terdapat pula larangan mencemari lingkungan, membuang sampah sembarangan, membakar sampah sembarang, membuang sampah ke TPS tanpa memilah terlebih dahulu dan lainnya.

Saat ini, kata Syukur, pihaknya sedang mengkaji peraturan wali kota (perwali) terkait perda tersebut. Teknis secara rinci akan dibahas dalam perwali tersebut.

"Tidak langsung ditegakkan begitu saja, harus dibahas terlebih dahulu dengan instansi lain dan membuat perwalinya serta harus ada sosialisasi juga," ujar Syukur.

Adanya Perda tentang Pengelolaan Sampah, kata Syukur, merupakan salah satu upaya agar Kota Cirebon bersih dan nyaman, karena pengelolaan sampah merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat.

Penulis: Yenny Hardiyanti
Redaktur: Syahrul Munir
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500