Rilis kasus penggelapan kendaraan rental di Bandung, (05/01/2018). Foto: Arief Pratama/Kriminologi.id

12 Mobil Rental Digelapkan Ibu Rumah Tangga dalam 6 Bulan

Estimasi Baca:
Jumat, 5 Jan 2018 18:50:51 WIB

Kriminologi.id - Seorang ibu rumah tangga berinisial AG (40) diringkus petugas Polsek Bojongloa Kidul, Bandung, lantaran menggelapkan 12 mobil rental yang disewanya selama enam bulan terakhir. AG berdalih terpaksa melakukan hal itu untuk membiayai kebutuhan sehari-hari dan menutupi utang yang menjeratnya.

Kasus ini terungkap setelah kedua pemilik rental mobil bernama Dicky dan Muktiani, melaporkan perbuatan AG ke Polsek Bojongloa Kidul. Atas dasar laporan itu, petugas lantas melakukan penyelidikan hingga berhasil meringkus AG di rumahnya di kawasan Kopo, Bandung.

Tersangka AG pun tak berkutik saat ditangkap. Apalagi petugas berhasil mengamankan barang bukti enam unit dari 12 unit mobil yang digelapkannya.

Baca: Tilep Duit Kantor Rp 800 Juta, Budi Beli Rumah Saat Buron

Keenam unit mobil itu antara lain, Daihatsu Sigra warna hitam nopol D 1346 YBH, Daihatsu Sigra warna merah nopol D 1645 AFY, Suzuki Ertiga warna putih D 69 KP, Daihatsu Alya warna Silver nopol D 9004, Suzuki Ertiga putih D 1635 KB, dan Suzuki Ertiga hitam nopol D 699 KP.

"Jadi pemilik rental ini mencoba ke rumah AG, namun tak ada terus dan semakin curiga dengan kendaraan rental yang tak kunjung kembali. Tentu saja pemilik berusaha mendapatkan kembali mobilnya dengan cara menghubungi AG. Namun tersangka justru tak bisa dihubungi selama beberapa bulan mulai Oktober hingga Desember 2017 lalu," ujar Kapolsek Bojongloa Kidul Kompol Yuni Purwanti Kusuma Dewi, Jumat, 5 Januari 2018.

Rilis kasus penggelapan kendaraan rental di Bandung, (05/01/2018). Foto: Arief Pratama/Kriminologi.id

Aksi penggelapan AG awalnya menyasar Muktiani yang kehilangan mobil Toyota Calya warna silver nopol D 1459 AFR. Saat itu AG pura-pura menyewa mobil selama beberapa hari. Namun kemudian mobil itu digadaikan kepada DD, sebesar Rp 25 juta. Kemudian AG kembali melakukan perbuatan serupa ke korban Dicky.

“Berdasarkan penyidikan, tersangka AG telah enam bulan melakukan penipuan dengan modus seperti ini. Selama itu pula, AG telah menggelapkan 12 unit mobil. Semua mobil digadaikan oleh tersangka. Enam mobil telah berhasil kami amankan, sisanya masih dalam pencarian. Tersangka dijerat Pasal 372 juncto 373 KUHP tentang Penipuan dan Penggelapan dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara," ujar Dewi.

Baca: Dituding Gelapkan Uang BPJS, Bos Nyonya Meneer Dipolisikan

Dari hasil pemeriksaan, AG yang memiliki anak usia 6 tahun ini, beralasan terpaksa melakukan hal ini untuk menutupi utang dan membiayai kebutuhan sehari-hari. AG mengaku, meminjam mobil lalu menggadaikannya karena terpaksa. AG yang tak punya pekerjaan, diharuskan menafkahi anaknya. Uang untuk sewa mobil itu berasal dari penjualan mobil korban sebelumnya. Mobil-mobil korban digadaikan dengan harga Rp 20 juta hingga Rp 25 juta.

"Saya terpaksa melakukan hal ini karena butuh uang. Terlilit hutang, jadi mobil yang saya sewa itu saya gadaikan ke orang lain," kata AG di Mapolsek Bojongloa Kidul, Jumat, 5 Januari 2018.

Baca: Pinjam Tiga Hari, Mobil Rental Milik Teman Digadai Rp 30 Juta

AG menambahkan, awalnya tak berniat menggadaikan mobil rental tersebut. Namun karena utang semakin menumpuk, muncullah ide untuk menggelapkan mobil tersebut.

"Saya udah biasa rental mobil, biasanya rental sampai sebulan dengan harga 8 juta per bulannya," kata AG.

Saat ini polisi masih memburu pelaku lain dalam kasus ini, yakni seorang pria berinisial DD yang menjadi penadah mobil tersebut.

"DD masih kita buru dan kita jadikan DPO," kata Dewi. AN

KOMENTAR
500/500