4 Kedok Prostitusi, dari Spa Hingga Warung Sembako

Estimasi Baca :

Ilustrrasi prostitusi. Foto: Unsplash.com - Kriminologi.id
Ilustrasi prostitusi. Foto: Unsplash.com

Kriminologi.id - Prostitusi sebagai bisnis ilegal kerap dijalankan secara terselubung dengan beragam kedok. Di kawasan Bemban, Kepulauan Bangka Belitung, salah satunya, sebuah warung yang menjual kebutuhan sembilan bahan pokok atau sembako diungkap aparat Polsek Koba.

Dari pengungkapan kasus tersebut, polisi mengamankan enam orang. Mereka antara lain penyedia tempat prostitusi sekaligus pemilik warung bernama Supriatin, empat perempuan pekerja seks komersial atau PSK, dan satu orang pelanggan.

Tidak hanya memanfaatkan platform online seperti forum dan media sosial yang semakin marak, para pelaku juga menjalankan bisnisnya dengan menggunakan bisnis lain sebagai kedok untuk mengelabui aparat penegak hukum dan pemerintah.

Sebelumnya, Kriminologi.id pernah menelusuri informasi tentang berbagai macam gaya prostitusi terselubung. Mulai dari sebagai penyalur Sales Promotion Girl (SPG) hingga menawarkan vila tercatat menjadi kedok yang kerap digunakan oleh para penyedia bisnis gelap ini. 

	Infografik Prostitusi Berkedok dari Spa hingga Warung Sembako. Infografik: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id

Namun ternyata, seiring berjalannya waktu, praktik prostitusi terselubung semakin banyak saja macam kedoknya. Berdasarkan catatan Kriminologi.id, selain warung sembako, terdapat 3 kedok lainnya yang pernah terungkap mengawali tahun 2018.

1. Salon Kecantikan

Rabu, 14 Maret 2018, aparat Polres Jakarta Selatan mengungkap prostitusi terselubung berkedok salon kecantikan bernama Surya Refleksi, di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Salon tersebut ternyata memang sudah lama dipantau oleh petugas berawal dari informasi masyarakat.

Dalam penggerebekan yang dilakukan, petugas mengamankan lima perempuan yang diduga sebagai PSK, serta menyita beberapa alat kontrasepsi yang ditemukan di lokasi.

Sebelumnya, prostitusi terselubung dengan kedok salon juga berhasil dibongkar Subdit 2 unit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Kepulauan Bangka Belitung pada Senin, 15 Januari 2018. Seorang perempuan bernama Ani diamankan dalam penggerebekan tersebut lantaran diduga menyediakan prostitusi berkedok salon melalui aplikasi WhatsApp.

2. Warung Kopi

Praktik prostitusi berkedok warung kopi berhasil terungkap dari kegiatan patrol dari Satuan Unit Sabhara Polda Kalimantan Barat yang dilakukan pada Rabu dini hari, 7 Maret 2018. Dari pengungkapan tersebut, para perempuan yang diperiksa mengaku bahwa dirinya adalah PSK yang berpura-pura menjadi penjaga warung kopi. Polisi kemudian mengamankan seorang pria berinisial Jn yang diketahui bertindak sebagai mucikari.

Prostitusi berkedok warung kopi juga diberitakan semakin marak di kawasan Kelurahan Pamaluan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Maraknya praktik tersebut diduga sebagai imbas ditutupnya lokalisasi Lembah Harapan kilometer 17 dan Manggar Sari Kota Balikpapan pada 1 Juni 2017 lalu.

3. Spa

Pada akhir Januari 2018, jajaran kepolisian Bali mengungkap prostitusi terselubung berkedok tempat spa bernama Bali Exotique Spa di Kota Denpasar, Bali. Dari pengungkapan itu, pria berinisial SW ditetapkan sebagai tersangka karena terbukti menyediakan tempat untuk praktik prostitusi dengan cara membuka layanan spa plus-plus yang melayani pijat hingga berhubungan badan antara terapis dengan tamunya.

Saat dilakukan penggerebekan, petugas mengamankan 8 terapis, serta menyita alat kontrasepsi dan tiga lembar paket pijat dan sejumlah uang tunai. Tempat spa yang terletak di Jalan Tukad Badung VI Nomor 12 Panjer, Denpasar, itu diketahui sudah beroperasi selama lima tahun.

Baca Selengkapnya

Home Investigasi Modus 4 Kedok Prostitusi, dari Spa Hingga Warung Sembako

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu