Berkomplot, 5 Kawanan Rampok Penumpang di Mobil Angkot

Estimasi Baca :

Para tersangka kasus pencurian dengan modus sebagai sopir angkot diamankan oleh Polda Metro Jaya, (16/01/2018). Foto: Erwin Maulana/Kriminologi.id - Kriminologi.id
Para tersangka kasus pencurian dengan modus sebagai sopir angkot diamankan oleh Polda Metro Jaya, (16/01/2018). Foto: Erwin Maulana/Kriminologi.id

Kriminologi.id - Seorang pria berusia 32 tahun bernama Andrianto menjadi korban perampokan oleh lima kawanan di mobil angkutan kota KWK 31. Lima kawanan yang berkomplot ini melancarkan aksinya dengan modus berpura-pura menjadi sopir dan penumpang angkot jurusan Pulo Gadung-Harapan Indah tersebut.

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Stefanus Tamuntuan, mengatakan modus yang dilakukan oleh lima pelaku antara lain DS (22), JS (27), RS (24), RST (21), dan SK (24) merupakan modus lama yang pernah dilakukan di Jakarta. Mereka sengaja mengendarai angkot di jalan sesuai jurusannya untuk mencari korban.

Baca: Sopir Angkot Babak Belur Diamuk Massa Usai Palak Penumpang

"SK dalam kasus ini berperan sebagai eksekutor atau yang menusuk korban. DS berperan jadi sopir, JS dan RS berperan sebagai orang yang melempar korban dari angkot. Sedangkan RST berperan sebagai orang yang menggertak korban dengan kunci roda," kata Stefanus di Mapolda Metro Jaya, Selasa, 16 Januari 2018.

Menurut Stefanus, peristiwa tersebut bermula ketika pada Sabtu, 06 Januari 2018 sekitar pukul 16:30 kelima pelaku meminjam mobil angkot milik teman salah satu pelaku. Saat di depan KIR Dishub Ujung Menteng Cakung, Jakarta Timur, korban Andrianto menaiki angkot yang di dalamnya sudah terisi 4 penumpang laki-laki dan seorang sopir.

"Kemudian tersangka SK langsung menutup pintu angkot tersebut. Kemudian korban di pepet oleh para pelaku dan diancam menggunakan kunci roda oleh tersangka RST. Tersangka SK mengeluarkan belati dan langsung menusuk ke bagian paha sebelah kiri korban," katanya.

Setelah korban tidak berdaya karena banyak mengeluarkan darah, para tersangka mengambil dompet korban yang berisi uang sebesar Rp 500 ribu secara paksa dari kantong celana korban. Selain itu,  juga mendapatkan 1 handphone korban.

Baca: 7 Tahun Beraksi, Copet Angkot Bermodus Pura-pura Sakit Tertangkap

"Setelah sampai BKT Rorotan Cilincing Jakarta Utara, pelaku RS dan JS membuang korban di semak-semak pinggir jalan dan ditemukan oleh pengendara motor dan langsung melapor ke polisi," ucapnya. “Sementara uang korban sudah dihabiskan pelaku untuk pesta minuman keras.”

Saat ini para pelaku telah di amankan di Mapolda Metro Jaya dan masih di lakukan pengembangan lebih lanjut. Atas perbuatannya, para pelaku di kenakan pasal 365 KUHP tentang pencurian di sertai kekerasan dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara. TD

Baca Selengkapnya

Home Investigasi Modus Berkomplot, 5 Kawanan Rampok Penumpang di Mobil Angkot

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu