Ilustrasi: Handphone Foto: Pixabay

Curi 100 Ponsel, Pria Tua Gunakan Modus Jual Stiker

Estimasi Baca:
Selasa, 24 Okt 2017 23:55:42 WIB

Kriminologi.id - Seorang pria berinisial MHE warga Jalan Banyuurip Lor Gang 1 Surabaya diringkus polisi. Pria berusia 53 tahun ini ditangkap karena mencuri 100 unit telepon seluler selama dua tahun belakangan.

Modus yang digunakannya adalah menawarkan stiker yang bertulis 'Tamu 1x 24 Jam Wajib Lapor' dari rumah ke rumah di Kota Surabaya.

"Setiap kali ada kesempatan, dia mencuri ponsel di rumah atau toko yang pemiliknya ditawari stiker ini," kata Kapolsek Bubutan Komisaris Polisi Dies Ferraningtyas dalam jumpa pers di Surabaya, Selasa, 24 Oktober 2017.

Baca: Maling Motor Siang Hari, Dua Pemuda Jadi Samsak Warga

Ferra mengatakan perburuan MHE memakan waktu yang cukup panjang karena tergolong licin. Ia bahkan tidak mau mengakui perbuatannya saat ditangkap polisi. Namun, setelah diperlihatkan bukti rekaman CCTV saat dia mencuri di suatu tempat, MHE akhirnya mau mengaku. 

Ia mengaku selama dua tahun terakhir pekerjaannya memang menjual stiker sambil nyolong ponsel yang diyakini telah mencapai 100 unit lebih.

"Ponsel-ponsel hasil curiannya kemudian dijual di 'Pasar Maling' Wonokromo Surabaya seharga paling murah Rp 1 juta," ucap Ferra.

Dalam penangkapan itu polisi mengamankan barang bukti berupa 100 lembar stiker tempel bertuliskan 'Tamu 1 x 24 Jam Wajib Lapor'.

Baca: Curi Uang di ATM, 4 Guru di Palu Dituntut 1 Tahun Bui

Barang bukti lain yang berhasil diamankan polisi pada saat penangkapan adalah dos atau kotak ponsel, selain sepeda motor Honda Supra-X wara hitam nomor polisi L 2514 RZ yang biasa dikendarai pelaku untuk berkeliling mencari sasaran. MG

Penulis: Marselinus Gual
Redaktur: Achmad Sakirin
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500