Pixabay.com

Gaya Pelacuran Terselubung, Tawarkan SPG hingga Vila

Estimasi Baca:
Selasa, 26 Sep 2017 06:05:29 WIB

Kriminologi.id - Munculnya situs nikahsirri.com menghebohkan Indonesia. Polisi sudah menangkap Aris Wahyudi, Minggu, 24 September 2017.  Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menuduh situs itu berpotensi mendorong prostitusi terselubung.

Bisnis prostitusi sudah ada sejak era kerajaan di Indonesia. Usaha syahwat ini terekam dalam buku berjudul Pelacuran di Indonesia: Sejarah dan Perkembangannya karya Terence H. Hull, Endang Sulistyaningsih, dan Gavin W. Jones.

Baca: Kata Bos Nikahsirri.com Soal Tuduhan Pelacuran Terselubung

Prostitusi atau pelacuran memang ilegal tapi menggiurkan. Seperti yang dikutip dari havecscope.com, menyebutkan pendapatan dunia dari sektor berahi itu mencapai US$ 186 miliar atau sekira Rp 2.418 triliun per tahun.

Biasanya prostitusi dilakukan di daerah lokalisasi tertentu ataupun dengan menjajakan diri di pinggir-pinggir jalan. Namun kini, modus-modus prostitusi atau pelacuran semakin berkembang dan semakin inovatif.

Baca: 10 Pelacur Termahal Dunia, Ada Tarif Rp 500 Juta Per Malam

Para aktor di balik bisnis prostitusi inilah yang mengembangkan modus terbaru agar terhindar dari aparat penegak hukum. Berdasarkan penelusuran Kriminologi.id terdapat beberapa modus yang patut diduga sebagai prostitusi terselubung.

 

1. Penyalur Sales Promotion Girl (SPG) dan Model

Modus ini dilakukan secara online melalui situs yang menawarkan pramugari, SPG, dan model untuk acara-acara tertentu. Modus ini terungkap pada 28 Agustus 2016, anggota Direktorat Reserse Kriminal Khusus berpura-pura menjadi konsumen dan menghubungi kontak terlampir dalam situs tersebut.

Baca: Polisi: Peluncuran Nikahsirri.com dan Partai Ponsel Ilegal

Proses komunikasi dan proses tawar-menawar dilakukan antara konsumen dengan kontak tersebut. Setelah sepakat soal harga selanjutnya disepakati tempat dan waktu pertemuan bagi konsumen dengan perempuan yang telah dipesan. Tarif yang dikenakan sekitar Rp 3-10 juta untuk sekali kencan.

 

2. Mobil Keliling

Modus ini dilakukan dengan membawa 4-5 orang pelacur perempuan atau pekerja seks komersial (PSK) dalam satu mobil. Mobil ini nantinya akan berhenti di tempat-tempat tertentu di mana sudah ada calo dan konsumen yang menunggu. Tarif yang dikenakan adalah Rp 300 ribu setiap jam.

Baca: Lelang Perawan, Nikahsirri.com Rendahkan Perempuan

Konsumen akan melihat perempuan-perempuan di dalam mobil dan ketika ada perempuan yang cocok nantinya akan disepakati untuk bertemu di hotel yang telah ditentukan. Modus ini diungkap oleh Kepolisian Resor (Polres) Cianjur pada 7 September 2017. Polres Cianjur mendapatkan laporan dari masyarakat yang merasa curiga ada transaksi ilegal di wilayahnya.

 

3. Permainan Online

Modus ini dilakukan secara online melalui forum di situs semprot.com. Ada orang berperan sebagai mucikari dan menerima pesanan pelanggan melalui forum tersebut. Istilah yang digunakan dalam modus ini adalah penyelenggaraan acara. Dalam sehari bisa 6-8 kali acara. Mucikari mengaku bisa mendapat keuntungan Rp 2 juta per acara.

Permainan dalam forum tersebut dilakukan dengan menggunakan dadu yang bergambar posisi laki-laki dan perempuan yang sedang berhubungan intim. Gambar dadu yang ditunjukkan itulah posisi yang akan dilakukan pelanggan dengan perempuan yang sudah dipesan.

Baca: KPAI: Nikahsirri.com Trafficking Gaya Lama

Modus ini diungkap oleh Kepolisian Resor Kota Yogyakarta pada 16 Mei 2017 setelah penangkapan seorang mucikari di salah satu kamar hotel. Menurut pengakuan mucikari tersebut, modus ini sudah berjalan selama setahun.

 

4. Kawin Kontrak

Sebenarnya modus kawin kontrak bukan hal yang baru. Modus kawin kontrak banyak ditemukan di daerah Puncak, Bogor, Jawa Barat. Konsumen biasanya datang dan kemudian menemui Mak Comblang yang akan mencarikan perempuan sebagai pasangan para lelaki yang datang.

Setelah cocok dengan perempuan yang dibawa makcomblang, konsumen harus menyerahkan biaya Rp 2-5 juta untuk biaya pengurusan pernikahan. Mak Comblang mencarikan penghulu beserta saksinya. Setelah menjalani proses pernikahan, konsumen dengan perempuan yang dipilih dianggap sah sebagai suami-isteri.

Baca: Polisi Cium Adanya Anggota Nikahsirri.com Berusia 14 Tahun

Biaya yang harus dikeluarkan untuk perempuan tergantung jangka waktu kawin kontrak. Umumnya kawin kontrak disepakati selama 3 bulan, 6 bulan, dan 1 tahun. Setiap bulan perempuan tersebut mendapatkan Rp 5-20 juta selama 3-6 bulan. Sedangkan untuk jangka waktu 1 tahun bisa mendapatkan hampir Rp 80 juta.

Umumnya yang melakukan kawin kontrak ini wisatawan asing yang datang dari negara-negara Timur Tengah. Penanganan masalah kawin kontrak tidak mudah karena dalih sah secara agama kerap digunakan. Sehingga suami memang berhak untuk melakukan hubungan intim dengan istrinya.

 

5. Sewa Vila

Modus ini juga sering ditemui di daerah Puncak, Bogor. Biasanya ada laki-laki yang berdiri di pinggir jalan dengan memegang senter dan memakai topi kupluk yang menawarkan vila pada setiap laki-laki yang lewat.

Baca: Istri Bos Nikahsirri.com: Suami Saya Agak Gila Kalah Pilkada

Ketika ada yang tertarik, nantinya laki-laki tersebut akan menawarkan selimut kepada calon penyewa vila. Sebenarnya “selimut” adalah istilah untuk menawarkan perempuan yang bisa menemani penyewa. Harga yang harus dibayarkan juga bervariatif mulai dari Rp 300 ribu sampai dengan Rp 1 juta. BC

KOMENTAR
500/500