peserta CPNS yang di Blacklist karena berbuat Curang. Foto: Setkab.go.id

Kepergok Bawa Alat Komunikasi, Peserta Tes CPNS Masuk "Blacklist"

Estimasi Baca:
Minggu, 17 Sep 2017 04:05:08 WIB

Kriminologi.id - Seorang peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kepergok membawa seperangkat alat komunikasi yang disembunyikan di dalam pakaian saat akan mengikuti tes. Akibat melakukan kecurangan, nama peserta tersebut dicatat dalam daftar hitam yang tak bisa mengikuti tes CPNS kembali.

Dilansir dari laman Sekretariat Kabinet www.setkab.go.id, Sabtu, 16 September 2017, kejadian itu terjadi di MG Setos Hotel, Semarang, Jawa Tengah pada Rabu, 13 September 2017.

Baca: Soal OTT KPK, Presiden: Kalau Ada Buktinya, Tangkap!

Saat itu akan diadakan sesi ke-4 Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk rekrutmen CPNS di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) tahun 2017.

Ketika dilakukan proses pemeriksaan badan kepada peserta tes yang akan masuk ke ruang Computer Assisted Test (CAT), petugas menemukan seorang peserta perempuan menyembunyikan alat komunikasi dengan rapi di balik pakaian.

Mendapati ada peserta yang hendak berbuat curang, petugas kemudian menyerahkan peserta itu kepada pihak kepolisian.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), M. Ridwan mengatakan, dalam proses interogasi selanjutnya di Polsek Semarang Tengah diketahui tidak ada petugas dari BKN dan Kemenkumham yang terlibat

Terkait hal ini, Kepala BKN, Bima Haria Wibisana menegaskan, siapapun peserta yang terbukti melakukan kecurangan akan di-blacklist. Nama peserta akan dicatat dalam database daftar hitam yang tak lagi bisa mengikuti tes CPNS.

"Setiap peserta yang melakukan tindak kecurangan harus dicatat dalam database sebagai daftar hitam. Tidak akan diberi kesempatan kembali untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN)," tegas Bima. RZ

KOMENTAR
500/500