Modus Bantu Keluarkan Kartu ATM BNI Nyangkut, Pelaku Gasak Rp 40 Juta

Estimasi Baca :

ATM BNI. Foto: Googlemap - Kriminologi.id
ATM BNI. Foto: Googlemap

Kriminologi.id - Warga Jalan Bagelen, Kelurahan Deblot Sundoro, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, Sumiati (37) kehilangan uang sebesar Rp 40 juta di ATM BNI. Derita Sumiati itu bermula setelah kartu ATM-nya tersangkut di mesin pengambilan uang BNI. 

Kejadian ini berawal saat Sumiati hendak mengambil uang di salah satu mesin ATM BNI di Jalan Deblot Sundoro, tepatnya di area pom bensin Simpang Rambung, pada Senin, 2 Juli 2018 malam.

Dikutip dari Sumutpos, Rabu, 4 Juli 2018, saat Sumiati memasukkan kartu ke dalam mesin ATM, kartu tersebut tidak bisa keluar karena tersangkut di dalam mesin. Saat kondisi bingung Sumiati didatangi dua orang tak dikenal dan masuk ke dalam bilik ATM. Keduanya menawarkan bantuan kepadanya untuk mengeluarkan kartu ATM miliknya yang tersangkut di dalam mesin.

Tanpa curiga, Sumiati memberikan nomor PIN kartu ATM kepada para pelaku. Pelaku kemudian menggunakan tusuk gigi dan berusaha mengeluarkan kartu tersebut. Setelah itu, kartu itu diberikan oleh pelaku kepada Sumiati.

Saat Sumiati pulang ke rumahnya sekitar pukul 22.00 WIB, ia menerima SMS banking melalui telepon selularnya. Isi pesan singkat itu menyatakan bahwa ada penarikan uang sebanyak dua kali transaksi di ATM BNI RS Sri Pamela dan ATM BNI di Sei Bambam Sergai. Total pengambilan uang melalui ATM BNI itu sebesar Rp 40 juta.

Keesokan harinya, Selasa, 3 Juli 2018, ia melaporkan kejadian ini ke petugas di Bank BNI untuk menanyakan hal tersebut. Pelaporan ini ia lakukan karena ia tidak merasa pernah mengambil uang tersebut. Namun, menurut petugas bank telah ada penarikan uang sebesar Rp 40 juta menggunakan ATM miliknya.

Merasa menjadi korban penipuan, akhirnya Sumiati mendatangi Polres Tebing Tinggi dan membuat laporan. Berdasarkan laporan korban, petugas dari Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) dan tim Reskrim serta Inafis Polres Tebing Tinggi langsung melakukan pengecekan di Tempat Kejadian Perkara.

Terkait peristiwa pembobolan ATM ini, Kepala SPKT Polres Tebing Tinggi Aiptu Joni Zuardi mengatakan, kedua pelaku diduga telah menukar kartu ATM milik korban dengan kartu palsu.

“Diduga kedua pelaku telah menukar kartu ATM milik korban dengan kartu ATM palsu yang telah disiapkan oleh kedua pelaku. Ditaksir korban mengalami kerugian sebesar Rp 40 juta," kata Kepala SPKT Polres Tebing Tinggi Aiptu Joni Zuardi, pada Selasa, 3 Juli 2018. 

Saat ini, bekerja sama dengan pihak BNI, pihaknya masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap pelaku penipuan ini. AS

Baca Selengkapnya

Home Investigasi Modus Modus Bantu Keluarkan Kartu ATM BNI Nyangkut, Pelaku Gasak Rp 40 Juta

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu