Ilustrasi Perdagangan Orang. Ilustrasi: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

Modus Baru Perdagangan Orang di NTT, Pasang Iklan Pencari Kerja di FB

Estimasi Baca:
Senin, 27 Ags 2018 17:55:05 WIB

Kriminologi.id - Jaringan Tindak Pidana Perdagangan Orang alias TPPO di Nusa Tenggara Timur dengan modus memuat iklan lowongan pekerjaan pada media sosial facebook dibongkar Polda NTT. Dari modus itu, jaringan tersebut berhasil menipu para korban.

Kasubdit IV Direktorat Kriminal Umum Polda NTT, Kompol Rudi Ledo mengatakan, polisi berhasil menangkap tersangka AB yang diduga merekrut 14 orang tenaga kerja lewat facebook untuk PT Duta Karya NTB.

"Tersangka AB kemudian memalsukan sejumlah KTP di mana hal tersebut telah melanggar Pasal 2 ayat 1 dan Pasal 10 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 junto Pasal 55 KUHP dengan ancaman hukuman paling singkat tiga tahun dan paling lama 15 Tahun penjara," katanya kepada awak media di Mapolda NTT, Senin, 27 Agustus 2018.

Rudi mengungkapkan, perekrutan para calon tenaga kerja melalui media sosial facebook merupakan modus baru tindak pidana perdagangan orang di NTT. 

"Saya berharap agar masyarakat yang mencari lowongan pekerjaan lewat media sosial seperti facebook untuk lebih waspada dan berhati-hati sehingga tidak tertipu," ujarnya.

Redaktur: Djibril Muhammad
Sumber: RRI
KOMENTAR
500/500