Ilustrasi Penjambretan. Foto: Kriminologi.id

Modus Keliling Cari Mangsa, Penjambret di Penjaringan Diciduk Polisi 

Estimasi Baca:
Rabu, 4 Jul 2018 21:45:26 WIB

Kriminologi.id - Jajaran Polsek Metro Penjaringan berhasil menangkap dua tersangka jambret yang kerap beraksi dengan modus keliling mencari korban.

Tersangka dengan inisial UT (21) dan MY (22) biasanya beraksi di Jalan Pluit Raya, Penjaringan, Jakarta Pusat. Keduanya kerap mengincar pengemudi kendaraan motor yang membawa barang berharga.

Peristiwa tersebut terjadi pada 1 Juli 2018 saat keduanya sedang berkeliling menggunakan sepeda motor untuk mencari mangsa.

"Kebetulan mereka lihat ada dua orang perempuan berkendara motor yang juga bawa Handphone. Mereka pepet motornya kemudian Handphonenya direbut oleh MY," kata Kapolsek Metro Penjaringan AKBP Rachmat Sumekar di Polsek Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis, 4 Juli 2018.

Sempat terjadi tarik menarik antara korban yang bernama ES (16) saat dibonceng temannya dengan MY. ES beserta temannya pun terjatuh dari motor.

"Saat terjatuh, MY langsung mengambil handphone tersebut dan kabur bersama UT," ujar Rachmat.

ES yang dalam keadaan luka ringan karena terjatuh langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Penjaringan.

Tim Polsek Metro Penjaringan pun langsung melakukan pencarian terhadap kedua tersangka. Alhasil, kedua tersangka berhasil ditangkap pada Selasa, 3 Juli 2018.

"UT ditangkap di Waduk Pluit. MY tertangkap di rumahnya dua hari setelah kejadian," kata Rachmat.

Barang bukti yang berhasil disita sebuah telepon genggam Samsung Grand Prime dan satu unit motor Nomor Polisi B 6567 URQ.

Atas perbuatannya kedua pelaku dikenakan pasal pencurian dengan pemberatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 Ayat (2) KUHPidana dengan ancaman sembilan tahun penjara.

Ia mengimbau masyarakat agar lebih waspada membawa barang-barang berharga yang berpotensi mengundang tindak kriminal.
 
"Saya imbau kurangi bawa benda yang mencolok seperti emas. Kalau bawa Handphone jangan dimainkan. Kalau bawa tas jangan dipakai di belakang punggung," ujar Rachmat.

Reporter: Walda Marison
Redaktur: Djibril Muhammad
KOMENTAR
500/500