Ilustrasi maling ponsel. Foto: Ist/Kriminologi

Modus Pura-pura Salat, Pria ini Lima Kali Curi Ponsel di Masjid

Estimasi Baca:
Kamis, 7 Des 2017 16:50:09 WIB

Kriminologi.id - Seorang pria berinisial RP diciduk polisi gara-gara mencuri telepon seluler. Peristiwa itu terjadi di Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center, Mataram, Rabu, 6 Desember 2017. Modus RP berpura-pura salat di samping korban yang tertidur pulas selepas zalat Zuhur.

"Mengetahui korban sedang tertidur, pelaku kemudian melancarkan modusnya dengan berpura-pura salat di samping korban dan secara diam-diam mengambil barangnya (telepon seluler)," kata Kapolsek Mataram Kompol Taufik di Mataram, Kamis, 7 Desember 2017.

Baca: Ibu Rumah Tangga Hobi Ngutil Terciduk Kamera CCTV

Korban baru menyadari jika ponselnya hilang ketika seorang pengunjung masjid datang membangunkannya. Ia pun segera mencari pelaku di sekitar masjid. Rupanya, kata Kapolsek, pelaku belum meninggalkan masjid.

"Setelah dicari, korban menemukan pelaku sedang berada di halaman masjid. Saat diperiksa, pelaku kedapatan menyembunyikan telepon itu dalam saku celananya," ucap Taufik.

Meski mengakui perbuatannya, RP tetap diproses hukum. Polisi yang mendapat laporan langsung menciduk pelaku di lokasi kejadian.

Baca: Polisi Ungkap Penyedia STNK & Plat Nomor Motor Curian

Dari pemeriksaan, kataTaufik, ternyata pelaku sudah berulang kalinya melancarkan modus pencurian telepon seluler tersebut.

"Untuk di Islamic Center, pelaku mengakunya sudah tiga kali, tempat lain, seperti di Masjid Universitas Mataram, kos-kosan juga pernah, jadi pengakuannya sudah untuk kelima kalinya melancarkan modus yang sama," ujarnya.

Baca: Pembunuh Siti Nurhayati Ternyata Buronan Kasus Pencurian

Akibat perbuatannya, pelaku yang telah diamankan beserta barang bukti telepon seluler merek Samsung J3 warna silver disangkakan dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian.

Penulis: Marselinus Gual
Redaktur: Achmad Sakirin
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500