Modus Selidiki Dana Desa, Wartawan Gadungan Peras Kades

Estimasi Baca :

Ilustrasi tersangka yang diborgol. Foto: Riauterbit.com - Kriminologi.id
Ilustrasi tersangka yang diborgol. Foto: Riauterbit.com

Kriminologi.id - Tiga wartawan gadungan diringkus polisi setelah memeras kepala desa di Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Para pelaku sengaja datang dari Bekasi ke Garut hanya untuk memeras kepala desa yang menerima anggaran dana desa dari pemerintah pusat.

"Modus pelaku menyelidiki dana desa, pelaku juga mengaku dari Kementerian Desa lalu minta uang," kata Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna, di Garut, Jumat, 12 Januari 2018.

Baca: Tuding Terjerat Narkoba, Polisi Gadungan Gagahi Gadis di Bawah Umur

Aksi pemerasan itu bermula dengan cara mengaku dari Media Sidik dan menghubungi Kepala Desa Cilawu yang akan jadi sasaran korbannya menggunakan telepon seluler. Selanjutnya para pelaku meminta uang sebesar Rp 10 juta kepada korban dengan tuduhan adanya kesalahan dalam penggunaan anggaran dana desa.

"Jadi dia menghubungi kepala desa, disampaikan dari Kemendes, di lapangan minta uang Rp 10 juta dikasih Rp 1 juta, lalu minta lagi Rp 4 juta, korban merasa ada kejanggalan akhirnya lapor ke polisi," katanya.

Baca: Dua Polisi Gadungan Perampas Motor Dibekuk di Cianjur

Pelaku yang melakukan aksinya pada Rabu, 10 Januari 2018 ini sempat diamankan oleh warga, kemudian diserahkan kepada polisi. Dari penangkapan itu, polisi menyita barang bukti berupa kartu identitas pers, mobil jenis sedan dengan atribut stiker media massanya dan uang hasil pemerasan sebesar Rp 5 juta.

"Kami amankan ID card, mobilnya juga, termasuk uangnya Rp 5 juta," katanya.

Baca: Ada Motif Perampokan di Balik Penggandaan Uang Dukun Gadungan

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku ditahan di Markas Polres Garut dan dijerat Pasal 368, 369 dan 378 dengan ancamanan hukuman selama empat tahun penjara.

"Pelaku sudah kami tahan untuk diselidiki lebih lanjut di mana saja pelaku ini melakukan aksinya itu," katanya. AN

Baca Selengkapnya

Home Investigasi Modus Modus Selidiki Dana Desa, Wartawan Gadungan Peras Kades

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan tulis komentar kamu