Ngaku Anggota BIN, Pasutri Tipu Warga Bisa Loloskan Tes CPNS

Estimasi Baca :

Penipuan PNS. Ilustrasi: Kriminologi.id - Kriminologi.id
Penipuan PNS. Ilustrasi: Kriminologi.id

Kriminologi.id - Modus penipuan yang mengaku sebagai anggota Badan Inteljen Negara (BIN) dilancarkan pasangan suami istri Anton Madjid (54) dan Syamsiah Mahmud (53). Keduanya mengaku bisa meloloskan tes Pegawai Negeri Sipil.

Pelaku melancarkan aksinya sudah sejak tahun 2013 dan kerap berpindah tempat. Pelaku kemudian meyakinkan korbannya hingga memberikan sejumlah uang kepada pelaku.

Penangkapan pelaku berdasarkan laporan warga Makassar, Sulawesi Selatan. Dalam laporan tersebut korban merasa ditipu oleh kedua pasuti tersebut, hingga mengakibatkan kerugian uang sebesar Rp 15 juta, setelah sebelumnya pelaku meminta Rp 100 juta.

Baca: Tak Tepati Janji, Mahasiswi Laporkan Pengelola Arisan Online

Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Anwar Hasan mengatakan, laporan atas kasus penipuan ini diterima awal tahun 2016 lalu. Saat diproses, pelaku tiba-tiba menghilang. Pihaknya kemudian meminta bantuan Polda Sulsel untuk membantu pengejaran terhadap pelaku.

Menurut Anwar, pelaku mengiming-imingi korban dengan meluluskan tes CPNS dengan syarat-syarat tertentu melalui jalur kebijakan. Pelaku kemudian minta uang Rp 100 juta.

Sebagai uang muka, menurut Anwar, korban baru memberikan uag Rp 15 juta. Pelaku kemudian menerbitkan salinan lembar pengumuman kelulusan CPNS lengkap dengan nomor induk pegawai.

"Namun kenyataannya anak korban tidak lulus. Pelaku juga sudah menghilang, korban ini akhirnya melapor ke polisi," kata Anwar, Senin 5 Januari 2018 kepada wartawan.

Dari keterangan korban tersebut, kata Anwar, masih banyak korban penipuan dan uang korban dibawa kabur. Para korban menurutnya sudah yang memberikan uang Rp 40 juta hingga Rp 80 juta.

Baca: Pura-pura Mogok, Komplotan Perampok Perdaya Pengendara Gasak Motor

"Kasus penipuan ini sebenarnya terjadi tahun 2013 lalu namun baru dilaporkan oleh korban tahun 2016 lalu. Jadi kepada warga lainnya yang merasa dirugikan oleh pelaku ini, silahkan melapor," kata Kasat Reskrim Polrestabes Makassar.

Baca Selengkapnya

Home Investigasi Modus Ngaku Anggota BIN, Pasutri Tipu Warga Bisa Loloskan Tes CPNS

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu