Ilustrasi begal. Ilustrasi: Kriminologi.id

Pakai Modus Tuduh Menusuk, Komplotan Pencuri Bawa Kabur Motor Ninja

Estimasi Baca:
Selasa, 19 Des 2017 22:15:06 WIB

Kriminologi.id - Seorang pria bernama Jumadi menjadi korban perampokan usai kembali dari kampung halamannya di Brebes, Jawa Tengah. Pria 29 tahun itu dirampok saat melintas di kawasan Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta Timur. Dalam perampokan itu, Jumadi yang dituduh menusuk adik salah satu tersangka kehilangan sepeda motor Kawasaki Ninja 250 miliknya lantaran dibawa oleh komplotan pencuri.

"Modus dituduh menusuk, menabrak teman atau keluarga pelaku memang kerap digunakan. Korban yang dicari oleh para pelaku secara random atau acak. Mereka cari yang menurut mereka pas. Dapat sasaran, korban langsung dipepet dan modus yang mereka gunakan," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur, Ajun Komisaris Besar Sapta Maulana, di Jakarta, Selasa, 19 Desember 2017.

Baca: Polisi Ungkap Sindikat Curanmor, Pencuri dan Penadah Dibekuk

Sapta mengatakan, peristiwa perampokan yang menimpa Jumadi terjadi pada Jumat, 15 Desember 2017. Komplotan perampok ini berjumlah empat orang. Dalam melancarkan aksinya, Jumadi yang sedang berkendara sepeda motor dipepet oleh empat orang yang menggunakan dua sepeda motor. 

Setelah dipepet, kata Sapta, korban disuruh menepi oleh keempat pelaku. Saat itulah, korban yang memilih menghentikan laju kendaraannya dituduh telah menusuk salah satu adik pelaku. Kepada korban, pelaku meminta pertanggungjawaban untuk menjenguk adik pelaku ke rumah, dengan cara motor pelaku dikendarai korban. Sementara korban diboncengi. Korban yang saat itu terdesak mengikuti perkataan empat pelaku.

Baca: Baru Mau Beraksi, Begal Motor di Lampung Diringkus Polisi

Oleh para pelaku, korban dibawa ke daerah Pondok Bambu, Jakarta Timur. Di situlah korban ditinggalkan. Mengetahui sepeda motornya dibawa kabur, korban kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Duren Sawit. Tak butuh waktu lama, satu orang pelaku ditangkap saat petugas melakukan penyisiran.

"Satu orang pelaku berinisial SR berhasil ditangkap. Tersangka lainya sekarang masih dalam perburuan," kata Sapta 

Dari penangkapan SR, polisi mengamankan sepeda motor Honda Beat B 3737 PEA milik pelaku. Sementara itu, tiga tersangka lainya yang masih buron saat ini dalam perburuan polisi. TD

Reporter: Rahmat Kurnia
Penulis: Tito Dirhantoro
Multimedia: S. Dwiangga Perwira
KOMENTAR
500/500