Pembesuk Tahanan Selundupkan Sabu dan Inex dalam Botol Sampo

Estimasi Baca :

ilustrasi Penjara, Foto: Pixabay - Kriminologi.id
Ilustrasi penjara, Foto: Pixabay

Kriminologi.id - Seorang pembesuk tahanan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Madiun, Jawa Timur, berusaha menyelundupkan narkoba ke dalam tahanan. Pelaku menggunakan nodus memasukkan sabu-sabu dan ekstasi ke dalam botol sampo untuk mengelabui petugas.

Penyelundupan narkoba ke dalam lapas itu dilakukan oleh pembesuk bernama Eko (29), Selasa malam, 6 Februari 2018.

Kepala Lapas Kelas 1 Madiun Wahid Husen di Madiun, Rabu, mengatakan Eko warga Magetan hendak membesuk narapidana berinisial M.

Baca: Polisi Bekuk Sepasang Kekasih Pemasok Sabu Lintas Pelabuhan

"Dari tersangka Eko, petugas mengamankan empat paket diduga narkoba yang dibungkus lakban dan dimasukkan dalam botol sampo," ujar Wahid Husen kepada wartawan, Rabu, 7 Februari 2018.

Pelaku memasukkan sabu-sabu seberat 5,20 gram, 10 butir pil ineks, dan empat strip obat "happy five" ke dalam botol tersebut.

Petugas mengetahui narkoba itu saat pemeriksaan dengan mesin X-Ray terhadap barang yang dibawa pembesuk. Barang tersebut dibawa pelaku bersamaan dengan sejumlah barang lain, di antaranya celana dalam, kaus singlet, dan pasta gigi.

Barang-barang itu itu akan dikirimkan kepada warga binaan berinisial M yang merupakan terpidana kasus pembunuhan. Terpidana merupakan warga binaan pindahan asal Lapas Kelas 1 Malang dan dihukum 20 tahun penjara.

"Saat diperiksa, isinya ternyata narkoba. Temuan ini langsung kami laporkan ke Satuan Resnarkoba Polres Madiun Kota untuk ditindaklanjuti," kata dia.

Setelah dicek bersama petugas Satuan Resnarkoba, empat paket barang terbungkus lakban tersebut di antaranya berisi satu paket sabu-sabu seberat 5,20 gram, 10 butir pil ineks, dan empat strip obat "happy five".

Baca: Satpam Rumah Sakit Pasok Narkoba ke Rutan Lubuk Sikaping

Kepala Satuan Resnarkoba Polres Madiun Kota AKP Suyono mengatakan berdasarkan penelusuran petugas dan hasil pemeriksaan sementara, pelaku tidak sendirian datang ke lapas.

"Yang bersangkutan datang bersama temannya yang diketahui warga Magetan, namun melarikan diri," kata dia.

Suyono menyatakan, pihak kepolisian masih mengembangkan kasus tersebut lebih lanjut dengan membawa tersangka ke Mapolres Madiun Kota untuk diperiksa dan memburu rekan tersangka.

Suyono juga meminta petugas Lapas Madiun selalu waspada, sebab sudah berulang kali terjadi upaya penyelundupan narkoba ke dalam lapas. 

Upaya penyelundupan terakhir yang berhasil dibongkar petugas adalah dengan modus menyimpan narkoba dalam sandal. Saat itu, petugas curiga karena ada pembesuk yang saling bertukar sandal dengan narapidana yang dijenguknya. Setelah dicek, dalam sandal tersebut terdapat sabu-sabu seberat 7,52 gram.

Baca Selengkapnya

Home Investigasi Modus Pembesuk Tahanan Selundupkan Sabu dan Inex dalam Botol Sampo

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan tulis komentar kamu