Ilustrasi uang palsu. Ilustrasi: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id

Pengedar Uang Palsu Gunakan Kertas Bungkus Telur Untuk Cetak Uang

Estimasi Baca:
Jumat, 31 Ags 2018 09:05:51 WIB

Kriminologi.id - Dua pelaku berinisial DR (42) dan NB (34), nekat menjadi pengedar uang palsu di Tasikmalaya, Jawa Barat. Kakak beradik tersebut nekat mencetak uang pals tersebut menggunakan kertas pembungkus telur atau kertas layang-layang.

Aparat Satresktim Polres Tasikmalaya, Jawa Barat, menangkap keduanya setelah dilakukan penyelidikan terhadap beredarnya uang palsu di kawasan tersebut.

"Keduanya membuat uang palsu sendiri dari kertas untuk layang- layang," kata Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya AKP Pribadi Atma kepada RRI, Kamis, 30 Agustus 2018.

Menurut Atma, kertas tersebut biasa digunakan sebagai pembungkus telur. Aparat menangkap keduanya di wilayah Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Sementara itu dalam mengedarkan uang palsu tersebut pelaku menukar uang palsu dengan cara membelanjakan uang untuk membeli barang-barang murah. Dengan begitu, kata Atma, pelaku mendapatkan selisih uang asli.

"Total yang diedarkan mencapai Rp 1 juta," ujarnya.

Namun Atma menduga uang yang diedarkan jauh lebih banyak. Menurut Atma pihak kepolisian akan mengembangkan kasus tersebut.

"Kami akan terus mengembangkan kasus ini," ucapnya.

Dari pengungkapan kasus tersebut, polisi menyita barang bukti uang palsu sebanyak enam lembar dengan nominal sepuluh ribu rupiah serta uang asli sekitar Rp. 190 ribu. 

Sementara itu atas perbuatan yang telah dilakukan, kakak beradik ini diancam hukumam penjara maksimal 15 tahun penjara, sesuai dengan Pasal 36 Ayat 1 UU RI. No.7 Tahun 2011 tentang mata uang.

Redaktur: Achmad Sakirin
Sumber: RRI
KOMENTAR
500/500