Wanita Paruh Baya Edarkan Uang Palsu. Foto: Risky Aditya/Kriminologi.id

Penipuan Bermodus Belanja Pakai Uang Palsu Terungkap

Estimasi Baca:
Jumat, 24 Nov 2017 13:25:14 WIB

Kriminologi.id - Seorang wanita paruh baya bernama Ani Lestari menipu pedagang di Pasar Pesing, Jakarta Barat dengan cara membelanjakan uang palsu untuk mendapat kembalian uang asli. Aksinya terbongkar setelah pedagang yang menjadi korban melapor ke polisi. 

"Pelaku menggunakan modus membelanjakan uang palsunya agar bisa mendapatkan uang asli," kata Kapolsek Kebon Jeruk, Kompol M. Marbun di Jakarta, Jumat 24 November 2017.

Baca: Ratusan Lembar Uang Palsu Ditemukan di Bawah Pohon Cemara

Marbun menuturkan, dua orang pedagang di Pasar Pesing yang menerima uang Ani, yakni Kasmurah dan Dimyati melapor kepada polisi. Laporan itu dilakukan setelah keduanya menyadari bahwa uang yang diberikan kepada mereka adalah uang palsu, sementara korban telanjur memberikan uang kembalian kepada pelaku.

"Kejadian Senin 20 November 2017. Pelaku membelanjakan uangnya dan beberapa pedagang menyadarinya dan melaporkan kejadian itu," terang Marbun.

Baca: Sindikat Uang Palsu Gandakan Uang Pakai Alat Sablon

Baca: Waspada Upal, Pelaku Incar Lansia dan Tempat Gelap

Ani yang masih berada di lokasi pasar tersebut langsung ditangkap dengan barang bukti berupa 40 lembar uang palsu pecahan Rp 100 ribu, dan uang asli sebesar Rp 365 ribu yang didapat Ani dari kembalian uang belanja.

Kepada polisi, Ani mengaku bukan pembuat uang palsu tersebut. Ia mengaku mendapatkan puluhan lembar uang palsu itu di kawasan Bekasi, Jawa Barat.

"Pelaku mengaku mendapatkan  uang palsu itu dari seorang pria berinisial K, hingga kini kami masih memburu pria tersebut," kata Marbun. RZ

Reporter: Rizky Adytia
Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500