Penipuan Bermodus Ustaz Gadungan Terungkap

Estimasi Baca :

Ilustrasi penangkapan pelaku. Foto: Pixabay - Kriminologi.id
Ilustrasi penangkapan Foto: Pixabay.com

Kriminologi.id - Penipuan bermodus pura-pura menjadi ustaz berhasil diungkap unit Reserse Kriminal Polsek Mejobo, Polres Kudus. Pelaku berinisial ZN (28) yang menjalankan aksinya dengan menghipnotis korban berhasil diringkus di Jalan Raya Kyai Abdul Saleh, Pati, Kudus pada Minggu, 3 Desember 2017.

"ZN yang berkedok sebagai ustaz ditangkap hari Minggu pagi oleh anggota unit Reskrim Polsek Mejobo dipimpin langsung Kapolsek Mejobo AKP Mardi Susanto di Jalan Raya Kyai Abdul Saleh Pati," kata Kasubag Humas Polres Kudus AKP Sumbar Priyono.

Baca: Ajak Kencan Pacar Orang, David Bay Tewas Dikeroyok

Sumbar menambahkan, penangkapan ini bermula dari kejadian pada hari Jumat, 24 November 2017 sekira pukul 07.00 WIB. Saat itu korban Ngasirah, 65, seorang penjual bubur di pinggir Jalan Suryo Kusumo turut Desa Mejobo, Mejobo Kudus, didatangi 2 orang mengendarai mobil Daihatsu Ayla warna putih nopol G 8431 KM.

Selanjutnya sopir mengajak korban menemui sang ustaz yang berada di dalam mobil. Karena merasa yang memanggil seorang ustaz, korban masuk ke dalam mobil duduk di samping kiri ustaz.

Tak berselang lama korban diminta melepaskan 2 buah anting dan 2 buah cincin untuk diserahkan pada ustaz dan oleh sang ustaz langsung dibacakan doa pada perhiasan tersebut.

Baca: Kronologi Geng Rawa Lele Bacok Polisi, Serang Petugas untuk Kabur

"Setelah itu, sang ustaz berkata barang yang ada di rumah juga diambil, 'sekalian saya (pelaku) doakan dan nanti dicuci sekalian'," kata Sumbar.

Korban langsung pulang mengambil lagi perhiasan berupa 3 buah cincin, 1 buah kalung berikut liontin, sambil membaca basmalah setiap langkahnya atas perintah ustaz.

Akibat kejadian tersebut, korban mengalami total kerugian sebesar Rp 8,4 juta. Kemudian korban melaporkan kejadian tersebut ke Mapolsek Mejobo. Hingga kini, satu pelaku lain yang bertugas mengendarai mobil saat ZN beraksi masih dalam pengejaran polisi. AN

Baca Selengkapnya

Home Investigasi Modus Penipuan Bermodus Ustaz Gadungan Terungkap

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu