Ilustrasi penipuan melalui media sosial. Kriminologi.id

Penipuan CPNS di Grup Medsos, Eks PHL Raup Ratusan Juta Rupiah

Estimasi Baca:
Selasa, 7 Nov 2017 15:00:31 WIB

Kriminologi.id - Penyidik Polsek Kalideres, Jakarta Barat berhasil menangkap Yuli Ratnasari, pelaku penipuan terhadap 130 korbannya dengan modus menjanjikan kemudahan menjadi Pegawai Negeri Sipil. Yuli dibekuk polisi saat memberikan pengarahan kepada para korban di Gelanggang Olahraga Remaja kawasan Cengkareng, Jakarta Barat.

"Cara merekrutnya dari mulut ke mulut. Pelaku juga membuat grup akun media sosial yang nantinya para korban akan dikumpulkan untuk berkomunikasi," ucap Kasat Reskrim Polsek Kalideres, AKP Syafri Washdar kepada Kriminologi, Selasa 7 November 2017.

Baca: Tipu Rp 1,7 M, Perempuan Bergaya Sosialita Ngaku Ponakan Kapolri

Syafri mengatakan, Yuli melancarkan aksinya dengan cara menyebarkan informasi yang mengatakan bahwa ia bisa membantu jika ada yang ingin bekerja sebagai PNS. Untuk meyakinkan para korbannya, wanita yang mengaku pernah bekerja sebagai Pekerja Harian Lepas itu mengajak beberapa orang bayaran untuk diperkenalkan kepada para korban sebagai senior.

Yuli Ratnasari, pelaku penipuan CPNS melalui grup di media sosial. Foto: Rizqi/ Kriminologi.id

"Untuk orang-orang yang diperkenalkan sebagai senior, sebelumnya mereka sudah menerima bayaran dari pelaku dengan besaran Rp 150 ribu sehari," kata AKP Syafri.

Setelah para korban mulai yakin, Yuli meminta kepada para korban agar menyediakan sejumlah uang sebagai pelicin untuk mempermudah diterima di institusi pemerintah. Nilainya mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 4,5 juta.

Baca: Penipuan Modus Dokumen Jatuh Terungkap, Pelaku Kantongi Rp 2,4 Miliar

"Diakui pelaku, uang yang ditarik dari para korban dibelikan baju seragam PNS dan untuk membayar orang-orang yang membantunya," ucap Syafri.

Hingga kini polisi masih mendalami kasus penipuan yang dilakukan perempuan berusia 23 tahun ini. Diduga Yuli tidak bekerja sendiri.  RZ

Reporter: Rizky Adytia
Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500