Rilis kasus penyelundupan pil PCC Berkedok Pakan Hewan. Foto: Ist/Kriminologi.id

Penyelundupan Pil PCC Berkedok Pakan Hewan 

Estimasi Baca:
Senin, 6 Ags 2018 15:17:12 WIB

Kriminologi.id - Ribuan pil Paracetamol, Caffeine, Carisoprodol (PCC) yang diproduksi rumah berlantai tiga di kawasan Cipondoh, Tangerang, Banten, diketahui dikirim ke wilayah Makassar. Namun, dalam pengiriman obat-obatan terlarang itu disamarkan sebagai pakan ternak.

Modus penyelundupan itu terkuak setelah pemilik pabrik obat-obatan terlarang yang bernama Tarlani (40) ditangkap dan diperiksa secara intensif. Dalam pemeriksaan diketahui pengiriman ribuan pil PCC itu dikirimkan menggunakan jasa ekspedisi JNE.

"Dikirim menggunakan jasa ekspedisi. Dikemas dengan kardus dan ditulis pada kardus itu sebagai pakan ternak, burung, ikan, jadi dari pihak kargo tidak curiga," ucap Kasat Narkoba Polres Bandara Soekarno-Hatta, Komisaris Arief Ardiansyah di lokasi, Senin, 6 Agustus 2018.

Selain itu, dalam pemeriksaan juga diketahui, dalam sekali pengiriman tersangka Tarlani dapat mengirimkan satu hingga dua paket pil PCC. Dalam satu paket, dapat berisi sekitar 25 ribu butir.

Bahkan, kata Arief, tersangka mengaku telah memproduksi obat-obatan yang masuk ke dalam jenis narkoba golongan 1 itu sejak Mei 2018 dengan mempekerjakan beberapa orang. 

"Dari pengakuannya memang baru beberapa bulan ya. Tapi masih kita tetap dalami. Sementara pengiriman pil PCC ini hanya ke Makassar," kata Arief.

Rilis kasus penyelundupan pil PCC Berkedok Pakan Hewan. Foto: Ist/Kriminologi.id
Rilis kasus penyelundupan pil PCC Berkedok Pakan Hewan. Foto: Ist/Kriminologi.id

Satresnarkoba Polres Bandara Soekarno-Hatta menggerebek sebuah rumah yang dijadikan gudang penyimpanan obat-obatan terlarang yaitu, Paracetamol, Caffeine, Carisoprodol (PCC).

Rumah berlantai tiga berwarna biru muda yang beralamat di Kavling DPR, Cipondoh, Tangerang, Banten, diketahui telah menjadi tempat penyimpanan obat PCC dalam beberapa tahun terakhir.

Penggerebekan rumah bermula saat polisi mendapatkan satu paket yang diketahui berisi ratusan pil PCC dan berasal dari Makassar. Dari paket itulah polisi melakukan pengembangan dan berhasil menangkap seorang yang merupakan penerima paket.

"Kami tangkap si penerima paket dan kami kembangkan ke rumah yang dijadikan gudang penyimpanan ini ya," kata Kasat Narkoba Polres Bandara Soekarno-Hatta, Komisaris Arief Ardiansyah, Senin, 6 Agustus 2018.

Redaktur: Djibril Muhammad
KOMENTAR
500/500