Pura-pura Menginap, Mantan Satpam Tangcity Mall Gasak Laptop di Konter

Estimasi Baca :

Ilustrasi Maling Laptop. Ilustrasi: Kriminologi.id - Kriminologi.id
Ilustrasi Maling Laptop. Ilustrasi: Kriminologi.id

Kriminologi.id - Modus berpura-pura menginap, seorang mantan petugas keamanan atau satpam di Tangcity Mall, Kota Tangerang, Banten, nekat mencuri laptop di tempatnya pernah bekerja. Yupiter diringkus di rumah kontrakannya yeng terletak di kawasasn Buaran Al-Falah, Kandang Besar,  Babakan, Kota Tangerang.

Yupiter menggasak satu unit laptop milik konter ponsel Sky Multi Pratama di Lantai LG Blok D, Mall Tangcity, dua bulan lalu. Tak sadar, aksi Yupiter ini ternyata terekam kamera pengawas atau CCTV Mall.

Baca: Ibu Rumah Tangga Hobi Ngutil Terciduk Kamera CCTV

Modus yang dilakukan Yupiter adalah, berpura-pura mendatangi teman kerjanya di Tangcity Mall, karena Yupiter pernah berkeja di situ. Para petugas keamanan lainnya juga tidak menaruh curiga, hingga akhirnya Yupiter menginap.

Saat situasi dirasa aman, kemudian pelaku menuju Lantai LG Blok D. Dia berjalan dari lantai lobi ke arah basement atau yang sering disebut loading dock. Setelah tiba di loker basement lantai satu yang kosong, Yupiter mulai mencuri dengan cara mencongkel konter dengan menggunakan ujung pulpen.

Ketika masuk ke dalam konter, Yupiter langsung membuka laci meja menggunakan ujung pulpen. Ia mencongkel sisi lubang kunci yang terbuat dari serbuk kayu. Setelah berhasil membuka laci, Yupiter kemudian menggasak satu unit laptop.

Baca: Diteriaki Maling, Begal Motor Tertangkap Saat Berusaha Kabur

Dari hasil penangkapan, polisi mengamankan barang bukti Notebook Merk ASUS merah 12 inch hasil curian dan tas ransel, sweater merah dan sepatu untuk diselidiki lebih lanjut.

Kapolsek Tangerang Kota, Kompol Ewo Samono menjelaskan pengelola Mall melaporkan terjadi pencurian di lokasi. Jajarannya pun segera menindak lanjuti aduan tersebut dan melakukan pengejaran terhadap pelaku.

"Pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian pemberatan. Ancaman hukumannya lima tahun penjara," ujar Ewo kepada wartawan, Senin, 18 Desember 2017.

Baca Selengkapnya

Home Investigasi Modus Pura-pura Menginap, Mantan Satpam Tangcity Mall Gasak Laptop di Konter

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu