Sengaja Tabrakan Diri, Empat Pria Peras Pemilik Kendaraan

Estimasi Baca :

Jaenudin alias Udin, satu dari empat pelaku pemerasan dengan modus menabrakan diri ke kendaraan roda empat di Jalan Narogong KM, Foto: Kriminologi.id/Rahmat Kurnia - Kriminologi.id
Jaenudin alias Udin, satu dari empat pelaku pemerasan dengan modus menabrakan diri ke kendaraan roda empat di Jalan Narogong KM, Foto: Kriminologi.id/Rahmat Kurnia
Beragam modus dilakukan pelaku pekajahatan untuk memeras korbannya. Yang teranyar, pelaku sengaja meenabrakkan diri untuk dapat memeras korbannya.

Kriminologi.id - Polsek Bantargebang meringkus Jaenudin alias Udin (40), satu dari empat pelaku pencurian dengan modus menabrakan diri ke kendaraan roda empat di Jalan Narogong KM 12, Cikiwul, Bantargebang Kota Bekasi. Sementara tiga pelaku lainnya yakni Suryo, Yoyon dan Emon melarikan diri saat hendak ditangkap polisi.

Keempat pelaku ini sengaja melukai dirinya sendiri untuk memeras korban yang menjadi targetnya.

"Modusnya pelaku menabrakan diri ke mobil saat menyeberang di Jalan Raya Narogong," kata Kapolsek Bantar Gebang Kompol Siswo saat dikonfirmasi, Senin, 2 April 2018.

Para korban yang melihat ada yang ditabrak langsung berhenti dan turun untuk melihat keadaan pelaku. Dari situ datang rekan pelaku dan meminta pertanggungjawaban korban.

"Mereka selalu beraksi di jalanan sepi, ketika modus dijalankan, mereka meminta ganti rugi secara paksa, tidak dipatok berapa, harta yang di badan atau mobil korban akan diambil secara paksa," katanya.

Menurut Siswo, pelaku sudah melakukan aksi sebanyak enam kali. Aksi terakhir empat pelaku dilakukan di Jalan Raya Narogong, Cikiwul, Bantargebang, Kota Bekasi, Rabu 21 Maret 2018.

Saat itu korban Kuwatman mengendarai mobil bersama dengan dua rekanya di Jalan Narogong pada malam hari. Saat menyetir tiba-tiba korban melihat pelaku Jaenudin menghampiri mobilnya.

"Pelaku kesenggol, tapi kena spionnya, korban melihat dan pelaku tidak kenapa-kenapa dan melanjutkan perjalanan," katanya.

Saat melanjutkan perjalan sekitar 100 meter datang dua pelaku menggunakan dua sepeda motor dan mengetok pintu kaca dengan memberitahu orang yang diserempetnya terkapar di jalan. Korban akhirnya berhenti.

Para pelaku yang mengaku rekan korban meminta uang untuk berobat. "Pelaku mengammbil barang pribadi berupa heandphone dan uang sebesar Rp 700 ribu. Total kerugian yang dialami korban mencapai Rp 5,7 juta," katanya.

Karena merasa diperas, korban akhirnya melawan dengan cara menabrakan mobilnya ke arah dua sepeda motor pelaku. Beruntung, pada saat penabrakan terjadi, petugas kepolisian tengah berpatroli.

"Kami amankan satu pelaku beserta sepeda motor mio hijau B 3007 BOE, sementara 3 pelaku melarikan diri setelah petugas datang," katanya.

Menurut Siswo, pihaknya sudah mendapatkan identitas pelaku dan kini sedang melakukan pengejaran. "Rumah pelaku semunya di Duren Sawit, hanya sekarang sudah kosong. Masih kami kejar," katanya.

Akibat perbuatanya pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian ancaman kurrungan penjara 5 tahun. MG DM

Baca Selengkapnya

Home Investigasi Modus Sengaja Tabrakan Diri, Empat Pria Peras Pemilik Kendaraan

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan tulis komentar kamu