Sindikat Pemalsu KTP Tipu Pusat Kredit Ponsel

Estimasi Baca :

Dok. Barang bukti KTP Palsu. Foto: Ist/Kriminologi.id - Kriminologi.id
Dok. Barang bukti KTP Palsu. Foto: Ist/Kriminologi.id

Kriminologi.id - Dua pelaku pemalsuan kartu tanda penduduk (KTP) diringkus petugas Kepolisian Sektor Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Pelaku yang berinisial MIR (29) dan NR (32) memalsukan KTP untuk melakukan kredit ponsel mewah seharga belasan juta rupiah.

"Pelaku dua orang berasal dari Blitar, Jawa Timur, yakni perempuan bernisial MIR dan laki-laki berinisial NR," kata Kapolsek Kuta, Kompol I Nyoman Wirajaya di Kuta, Bali, Rabu, 27 Desember 2017.

Baca: Bareskrim Kembali Tangkap Sindikat Pembuat Uang dan Dokumen Palsu

Kedua pelaku diringkus di kawasan Kuta dengan barang bukti ponsel baru jenis Android seharga Rp 12,5 juta. Diduga saat itu keduanya baru selesai melancarkan aksi penipuannya.

Keduanya berperan sebagai pembuat KTP palsu dan mencari toko ponsel sebagai korban pemalsuan kredit. Setelah berhasil mendapatkan target ponselnya, pelaku menjual kembali ponsel tersebut ke Pulau Jawa dengan harga di bawah pasaran.

Baca: Penyalur Tenaga Kerja Ditangkap karena Palsukan Identitas Calon TKW

Dari pengakuan keduanya, mereka sudah melakukan kejahatan lebih dari enam kali dengan target ponsel mewah jenis Iphone dan Samsung yang harganya mencapai belasan juta rupiah.

Hingga kini polisi masih melakukan penyelidikan terhadap kedua pelaku karena diduga masih ada jaringan kejahatan yang berkaitan dengan keduanya.

"Kami belum bisa menjelaskan sekarang, tetapi kami memperkirakan masih ada beberapa orang yang terlibat dalam kejahatan ini," kata Nyoman. AN

Baca Selengkapnya

Home Investigasi Modus Sindikat Pemalsu KTP Tipu Pusat Kredit Ponsel

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu