Kapolres Karawang AKBP Hendy Febrianto saat diwawancarai wartawan. Foto: Tribratanews.com

Taklukan Hantu Jalan Baru di Karawang dengan Ponsel

Estimasi Baca:
Kamis, 4 Jan 2018 16:05:46 WIB

Kriminologi.id - Aksi kawanan penjambret yang biasa beroperasi di jalan  baru alternatif Kawarang Timur berakhir. Setelah hampir setahun gentayangan di jalan, petugas akhirnya menaklukan Hantu Jalan Baru di Karawang. 

Hantu Jalan Baru ini bukanlah mahluk halus yang menyeramkan. Akan tetapi, Hantu Jalan Baru itu sebutan masyarakat terhadap kelompok penjambret yang kerap lolos kejaran petugas saat beraksi. Jalan baru menjadi jajahan operasi kelompok yang terkenal licin tersebut.

Petugas menangkap Hantu Jalan Baru ini setelah mendapatkan petunjuk dari penadah telepon seluler (ponsel) yang menjadi barang rampasan kelompok tersebut. 

Baca: Mahasiswi Riau Dibacok Jambret Saat Pertahankan Tas 

Berdasarkan petunjuk sang penadah yang tertangkap lebih awal, kelima Hantu Jalan Baru itu ditangkap dikediamannya masing-masing. 

Berawal dari penangkapan pelaku utama di Dusun Babakan Desa Sumurkondang, Kecamatan Klari, Karawang. Kemudian menyusul ke seluruh anggotanya dibekuk tanpa perlawanan.  

Kelima penjambret itu adalah EI (33), KA (38), SA (34), NS (40), ED (35) yang telah beroperasi di jalan baru sekitar satu tahun.  

Baca: Tujuh Kali Jambret Ponsel, Keberuntungan Saeful Habis di Tamansari

Dari hasil penangkapan ini polisi mengamankan barang bukti berupa 1 unit sepeda motor, 1 buah helm full face warna hitam,  1 buah sweater hitam, 5 buah KTP, 18 kartu ATM dan 8 buah handphone.    

Modus operandi yang dilakukan kawanan Hantu Jalan Baru ini adalah dengan menggunakan sepeda motor dan selalu mengincar perempuan yang membawa tas. 

Hantu Jalan Baru ini juga dikenal sadis dalam melancarkan operasinya. Mereka tak segan-segan melukai mangsanya jika melakukan perlawanan. 

Baca: Jambret Ponsel, Sepasang Kekasih Ditangkap Saat Ganti Ban

"Para pelaku tidak segan menganiaya korbannya jika melakukan perlawanan. Kawanan ini sangat licin dan sulit ditangkap," ujar Kapolres Karawang AKBP Hendy Febrianto melalui Kasatreskrim AKP Maradona Armin Mapaseng, Rabu, 3 Januari 2018.

Maradona mengungkapkan penangkapan bermula dari informasi jika pelaku sering menjual handphone batangan kepada pelaku penadah.

Dari informasi tersebut kemudian tim Resmob Polres Karawang menelusuri kebenaran informasi tersebut. Polisi kemudian menangkap pelaku penadah di rumah kontrakannya.  

Redaktur: Syahrul Munir
Sumber: Tribratanews.com
KOMENTAR
500/500