Tawarkan Tumpangan ke Turis Jadi Modus Penjambret di Bali

Estimasi Baca :

Dok. Turis di Bali Foto: Unsplash.com - Kriminologi.id
Dok. Turis di Bali. Foto: Unsplash.com

Kriminologi.id - Kelakuan dua pria, Alosius Lende (57) dan Tommy Candra (38), tak patut ditiru. Keduanya berpura-pura menawarkan tumpangan kendaraan kepada seorang turis Taiwan yang sedang berlibur di Kuta, Bali lalu menjambret tasnya. 

Sebelum menjambret korban yakni, Dai Jia Yin (33), kedua pelaku sengaja berpura-pura menawarkan tumpangan untuk mengalihkan perhatian. Polisi menyebut modus menawarkan tumpangan ini kerap dilakukan pelaku, termasuk penjambret lain yang beraksi di tempat wisata favorit dunia itu. 

"Ini merupakan modus lama yang dilakukan oleh para pelaku aksi jambret di Kuta," kata Kapolsek Kuta Kompol Nyoman Wirajaya di Kuta, Kamis, 24 Mei 2018.

Kedua pelaku beraksi pada 20 Mei 2018, Pukul 20.50 Wita di depan Apache Bar, Jalan Legian, Kuta, Kabupaten Badung. Alhasil, satu buah tas milik korban yang di dalamnya berisi uang tunai Rp 13 juta, uang tunai 7.000 dolar Taiwan, telepon seluler, paspor milik korban raib.

Polisi berhasil menangkap keduanya pada Selasa, 22 Mei 2018 lalu setelah mengantongi ciri-ciri pelaku sebagaimana dilaporkan korban. Penyelidan polisi menyebutkan, kedua pelaku sering mangkal di kawasan Legian. 

Tersangka Alosius Lende ditangkap di depan Sky Garden, Jalan Legian, Kuta, Badung, sedangkan tersangka Tommy Candra ditangkap di depan Apace Bar, Legian, Kuta pada hari yang sama.

Setelah diinterogasi, pelaku mengakui perbuatannya lalu polisi melakukan pengembangan barang bukti terhadap keduanya dengan memasukkan mereka ke dalam mobil. Kedua tersangka sempat memberontak dan mencoba kabur dengan cara melawan petugas.

Dengan tindakan tegas, polisi langsung melumpuhkan keduanya dengan timah panas di kaki masing-masing kedua tersangka. 

"Kami sudah lama memantau mereka dan kami menembak kaki mereka karena berusaha melawan petugas," katanya. MG | AS

Baca Selengkapnya

Home Investigasi Modus Tawarkan Tumpangan ke Turis Jadi Modus Penjambret di Bali

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu