Dok. Uang hasil pungutan liar, foto: Ist/Kriminologi.id

Ungkap Pungli Uji KIR di Kedaung, Polisi Telusuri Aliran Uang

Estimasi Baca:
Jumat, 8 Des 2017 23:55:15 WIB

Kriminologi.id - Empat tukang parkir merangkap calo uji KIR diringkus Kepolisian Sektor Cengkareng di Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Jakarta Barat. Keempat orang itu ditangkap saat meminta sejumlah uang kepada para pengemudi yang hendak mengurus surat-surat kendaraannya.

"Kami berhasil mengamankan empat orang, tiga diantaranya tertangkap tangan saat menarik sejumlah uang kepada para pengendara," ucap Kapolsek Cengkareng, Komisaris Agung Budi Laksono, Jumat 8 Desember 2017.

Baca: Penyalur Tenaga Kerja Ditangkap karena Palsukan Identitas Calon TKW

Saat ditangkap, para tukang parkir yang diduga merupakan calo pengurusan KIR itu kedapatan menarik sejumlah uang sebesar Rp 5.000 yang kepada para pengendara yang diperuntukkan sebagai syarat masuk ke tempat pengurusan KIR kendaraan.

"Dari tangan keempat orang tersebut kami mengamankan barang bukti berupa uang tunai dan tiket karcis yang diduga palsu," kata Agung.

Baca: Sindikat Pemalsu Ijazah Terbongkar Berkat Pemilihan Kepala Dusun

Saat ini, keempat orang itu telah di bawa ke Polsek Cengkareng guna pemeriksaan lebih lanjut. Pasalnya, kata Agung, kuat dugaan keempat orang tersebut menyetor uang hasil pengutan liarnya ke pihak tertentu.

"Kami masih mendalami, kita akan periksa sudah berapa lama pungutan liar itu terjadi dan kepada siapa orang-orang itu menyetorkan uangnya," kata Agung. AN

Reporter: Rizky Adytia
Penulis: Adryan Novandia
Redaktur: Nuruddin Lazuardi
KOMENTAR
500/500