11 Tukang Parkir Divonis Tiga Hari Bui, Terlibat Korupsi di Yogyakarta

Estimasi Baca :

Ilustrasi--Tukang Parkir, Foto: Antaranews.com - Kriminologi.id
Ilustrasi--Tukang Parkir, Foto: Antaranews.com

Kriminologi.id - Sebanyak 11 juru parkir yang terjaring operasi penertiban selama masa libur Lebaran di Kota Yogyakarta dinyatakan bersalah dalam sidang tindak pidana korupsi. Selain ditanyakan bersalah, mereka diwajibkan membayar denda Rp 300 ribu.

"Mereka menjalani sidang hari ini. Putusan dari sidang tindak pidana ringan adalah, setiap juru parkir diwajibkan membayar denda Rp 300 ribu subsidair tiga hari penjara," kata Kepala Bidang Penegakan Peraturan Perundang-undangan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Yogyakarta, Hery Eko Prasetyo di Yogyakarta, Senin, 2 Juli 2018.

Menurut Hery, juru parkir tersebut baru pertama kali terjaring penertiban karena melakukan pelanggaran penyelenggaraan parkir.

Ia melanjutkan, akan ada catatan khusus dari Satpol PP sehingga jika juru parkir tersebut tidak mengulang perbuatannya.

Selama libur Lebaran, terdapat 23 juru parkir yang terjaring operasi penertiban karena melakukan pelanggaran penyelenggaraan parkir, di antaranya menaikkan tarif parkir sepihak dan memanfaatkan lokasi larangan untuk parkir.

Sebanyak 16 juru parkir sudah menjalani pemberkasan di Satpol PP Kota Yogyakarta yang digunakan sebagai dasar pelaksanaan sidang tindak pidana ringan di PN Yogyakarta. Sebanyak 11 orang menjalani sidang hari ini, dan sisanya sebanyak lima juru parkir akan menjalani sidang pada Rabu, 4 Juli 2018. Sedangkan enam juru parkir lain, sampai saat ini belum hadir untuk menjalani pemberkasan di Satuan Polisi Pamong Praja.

"Kami akan lakukan pemanggilan kedua untuk pemberkasan," katanya.

Sementara itu, satu juru parkir lain dinyatakan tidak perlu menjalani pemberkasan karena yang bersangkutan diketahui tidak secara langsung mengarahkan atau menarik biaya parkir. Namun, juru parkir tersebut tetap diberikan pembinaan agar tidak mengulang perbuatannya. 

"Ia terjaring penertiban di sekitar GL Zoo," katanya.

"Dasar hukum yang digunakan untuk penertiban juru parkir adalah Peraturan Daerah Nomor 18 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Perparkiran. Dalam peraturan tersebut, juru parkir yang melakukan pelanggaran terancam hukuman maksimal tiga bulan penjara atau denda maksimal Rp 50 juta. DM

Baca Selengkapnya

Home Investigasi Vonis 11 Tukang Parkir Divonis Tiga Hari Bui, Terlibat Korupsi di Yogyakarta

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu