Anggota DPRD Jambi Terbukti Terima Suap RAPBD Divonis Enam Tahun

Estimasi Baca :

Ilustrasi Korupsi. Ilustrasi: Kriminologi.id - Kriminologi.id
Ilustrasi Korupsi. Ilustrasi: Kriminologi.id

Kriminologi.id - Terdakwa kasus dugaan suap pengesahan Rancangan Anggaran Pendapan Belanja Daerah (RAPBD) Provinsi Jambi 2018 yakni Supriyono divonis enam tahun penjara. Vonis ini dibacakan majelis hakim yang diketuai Badrun Zaini di Pengadilan Tipikor Jambi.

"Terdakwa terbukti secara sah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut," ujar Majelis Hakim, Senin, 2 Juli 2018, seperti dilansir dari jambiupdate.

Atas kasus suap ini, terdakwa Supriyono juga dikenakan denda Rp 400 juta subsidair tiga bulan penjara. Putusan ini lebih ringan satu tahun dibandingkan dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum. 

Sebelumnya, terdakwa Supriyono dituntut selama tujuh tahun penjara. Ia terjerat Pasal 12 huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke (1) KUHP juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Berdasarkan data yang Kriminologi.id himpun, Supriyono merupakan anggota DPRD Provinsi Jambi. Ia menjadi terdakwa kasus APBD Provinsi Jambi tahun 2018.

Pada kasus ini juga melibatkan mantan Pj Sekda Provinsi Jambi Erwan Malik, mantan Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi Arfan, dan mantan Asisten di Setda Provinsi Jambi Saipuddin, dan juga Gubernur Jambi Zumi Zola.

Selain putusan vonis enam bulan penjara dan denda Rp 400 juta subsidair tiga bulan penjara, Supriyono juga dikenai sanksi politik. Sanksi itu di antaranya pencabutan seluruh hak-hak tertentu berkaitan dengan jabatan. Selain itu, jaksa juga menuntut pencabutan hak pilih dalam jabatan publik.

Pada sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor Jambi pada Mei 2018, saksi Asrul Pandapotan mengaku pernah bertemu dengan Supriyono di salah satu hotel di Jakarta. Saat itu mereka membahas soal permintaan uang ketok palu dan fee proyek untuk pimpinan.

Supriyono mengakui pertemuan tersebut. Ia mengaku hanya menyampaikan permintaan rekan-rekan dewan untuk mendapatkan proyek di APBD 2018.  DM

Baca Selengkapnya

Home Investigasi Vonis Anggota DPRD Jambi Terbukti Terima Suap RAPBD Divonis Enam Tahun

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu