Vonis hukum kasus penyalahgunaan narkoba. Ilustrasi: Kriminologi.id

Diupah Rp 10 Juta, Kurir Narkoba Divonis 20 Tahun Penjara

Estimasi Baca:
Rabu, 25 Jul 2018 13:35:08 WIB

Kriminologi.id - Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jambi menjatuhi vonis 20 tahun penjara kepada Sulaiman. Ia terbukti menjadi kurir narkoba yang mengangkut 6 kilogram sabu-sabu dari Jambi menuju Palembang.

"Terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana narkotika dengan memiliki sabu-sabu di atas lima gram," kata ketua majelis hakim Arpan Yani, di PN Jambi, Rabu, 25 Juli 2018.

Majelis hakim menjatuhi vonis berat kepada Sulaiman dengan mempertimbangkan pasal 114 ayat (2) Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

Selain menjatuhi vonis hukuman penjara, Sulaiman juga diminta membayar denda sebesar Rp 1 miliar subsider tiga bulan kurungan penjara.

Atas vonis tersebut, baik jaksa penuntut umum (JPU) Zuhdi maupun kuasa hukum terdakwa, Ahmad mengatakan masih pikir-pikir terlebih dahulu sebelum menerima putusan hakim.

"Kita pikir-pikir selama tujuh hari terlebih dahulu untuk menerima atau tidak vonis tersebut," kata Zuhdi.

Hukuman yang dijatuhkan kepada warga asal Bireuen, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam tersebut sama dengan yang dituntut oleh jaksa penuntut umum yakni hukuman 20 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider tiga bulan penjara.

Sulaiman ditangkap oleh tim Diresnarkoba Polda Jambi pada 4 Februari 2018 saat tengah melintas Jalan Lintas Timur Sumatera tepatnya di depan Polres Muaro Jambi. Saat itu ia mengendarai mobil Mitsubishi Pajero Warna Hitam menuju Palembang, Sumatera Selatan.

Dalam pemeriksaan mobil tersebut, tim Polda Jambi mendapati narkoba jenis sabu-sabu seberat enam kilogram. Selain itu petugas juga menemukan barang bukti sekitar 15.200 butir pil ekstasi dengan berat mencapai empat kilogram.

Dalam pengakuannya, Sulaiman mengaku diupah sebesar Rp 10 juta jika barang bawaan berupa sabu-sabu dan ekstasi yang dibawanya sampai di tujuan.

Redaktur: Reza Yunanto
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500