Sidang kasus gladiator SMA di Pengadilan Negeri Bogor. Adrian Novandia/Kriminologi.id

Dua Terdakwa Kasus Gladiator SMA Divonis 2 Tahun Penjara

Estimasi Baca:
Kamis, 2 Nov 2017 17:48:25 WIB

Kriminologi.id - Pelaku utama kasus gladiator SMA, AB, divonis 2 tahun penjara serta pelatihan 3 bulan kerja di Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Bina Daksa Cileungsi, Kabupaten Bogor. Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bogor menyatakan keduanya terbukti bersalah menghilangkan nyawa Hilarius Christian Event Raharjo.

Dalam persidangan yang berlangsung di Pengadilan Negeri Bogor, Kamis, 2 November 2017, AB menjadi terdakwa kedua yang disidangkan setelah HK.

Menurut Ketua Majelis Hakim Anna Yuliana, hal yang meringankan AB adalah belum pernah terlibat kejahatan, selain itu AB juga menyesali perbuatannya dan kooperatif mengakui kesalahannya. 

BACA: Jelang Vonis Kasus Gladiator, Ayah Hilarius: Keadilan Masih Ada

Anna melanjutkan, saat kejadian AB belum berusia 18 tahun, dan saat disidangkan pun belum genap berusia 21 tahun. 

Menanggapi putusan tersebut, AB menyatakan banding setelah berdiskusi dengan kuasa hukumnya. Menurut kuasa hukumnya, Ys Parsiholan, ada hal-hal yang tidak termuat di persidangan. 

"Harus dilihat fakta hukum, klien kami ini tidak semestinya dapat hukuman seperti itu. Seharusnya hakim juga mempertimbangkan hasil penelitian kemasyarakatan balai permasyarakatan yang menyatakan anak harus menjalani rehabilitasi di panti sosial," kata Parsiholan setelah persidangan. 

BACA: Pelaku Gladiator SMA Sempat Stres Saat Pertama Kali Huni Lapas

Sementara itu, satu pelaku lainnya yang berinisial MS, yang berperan sebagai wasit pada kasus itu  divonis 1 tahun 6 bulan penjara serta 3 bulan pelatihan kerja di tempat yang sama dengan tiga pelaku lain. 

Menanggapi putusan tersebut, MS mengaku akan mendiskusikan hal itu. Sementara Jaksa Penuntut Umum menyatakan banding.

Reporter: Adryan Novandia
Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500