Ilustrasi kekerasan, Foto: Pixabay.com

Hakim Vonis Pemerkosa Anak Kandung 16 Tahun Bui

Estimasi Baca:
Rabu, 20 Sep 2017 15:00:33 WIB

Kriminologi.id - Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Ternate, Maluku Utara, menjatuhkan vonis hukuman 16 tahun pada Muhammad Suprapto alias Ongko, 35, seorang ayah yang setubuhi anak kandungnya sendiri.

"Selain pidana penjara, hakim pun membebankan denda sebesar Rp 3 miliar subsidair 8 bulan kurungan untuk Ongko, tetapi vonis yang dijatuhkan ini lebih ringan dibandingkan tuntutan jaksa penuntut umum yang menuntut dengan hukuman 20 tahun penjara," kata Ketua Majelis Hakim Sugiannur saat membaca vonis kasus tersebut di Pengadilan Negeri Ternate, Rabu, 20 September 2017.

Baca: Si Ibu Laporkan Anak Kandungnya ke Polisi karena Mencuri

Dalam amar putusannya, terdakwa Muhammad Suprapto alias Ongko terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan persetubuhan dengan anak di bawah umur, sehingga menjatuhkan hukuman pidana selama 16 tahun penjara dan denda Rp 3 miliar subsidair 8 bulan penjara.

Terdakwa dijerat dengan Pasal 81 ayat 1 juncto Pasal 76D UU Nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan UU Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan atas putusan tersebut, terdakwa dan JPU menyatakan pikir-pikir selama 7 hari untuk mengajukan banding.

Baca: Polisi Usut Senjata Tersangka Rampok Alfamart Berwajah Timur Tengah

Sebelumnya, korban yang merupakan anak kandung Ongko sebut saja melati, melaporkan ayahnya tersebut ke Kepolisian Resor Ternate lantaran muak dengan tingkah bejat ayahnya. Korban mengaku telah diperkosa ayah kandungnya sendiri selama 5 tahun sejak berusia 14 tahun, sejak tahun 2012 hingga 2017 dan mengancam membunuhnya jika menceritakan ke orang lain. AN

Penulis: Adryan Novandia
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500