Ilustrasi vonis. Foto: Pixabay.com

Hasil Tes Urine Bantu 3 WNI Lolos dari Hukuman di Malaysia

Estimasi Baca:
Senin, 27 Ags 2018 18:35:30 WIB

Kriminologi.id - Pengadilan di Malaysia membebaskan 3 orang warga negara Indonesia yang didakwa menggunakan narkoba. Ketiganya lolos dari hukuman setelah hasil tes urine ketiganya negatif menggunakan narkoba. 

"Senin ini sidang putusan di Mahkamah Majistret Kulai Johor terhadap tiga warga Aceh atas tuduhan mengkonsumsi narkoba jenis ganja," ujar pengacara Dato Muhammad Zainul Arifin, di Johor, Senin, 27 Agustus 2018.

Zainul mengatakan tiga WNI tersebut adalah Zulfan, Ermia dan Herman yang ditangkap Polisi Malaysia pada 27 Juli lalu di Kulai Johor. Pada saat kejadian, ketiga orang ini tidak tahu atas tuduhan apa mereka disergap dan ditangkap oleh polisi, namun ketiganya langsung dibawa ke Balai Polis Kulai Johor dan diminta menjalani tes urine.

"Mereka diyatakan positif dan ditahan 14 hari dan diperpanjang tujuh hari sambil menunggu panggilan sidang Mahkamah Majistret," kata Zainul.

Akan tetapi kasus yang menjerat ketiganya menimbulkan kecurigaan setelah pihak keluargamengetahui adanya kejanggalan yaitu hasil tes urine negatif namun tetap ditahan.

Keluarga korban lantas melaporkan hal itu kepada lembaga AP3IS (Asosiasi Penempatan Perlindungan Pekerja Indonesia Swasta). Atas laporan tersebut, AP3IS kemudian meminta bantuan kerja sama kepada dirinya.

Zainul mengatakan, ia lalu bekerja sama dengan AP3IS dan Kantor Hukum Daut & CO di Johor Baru mengawal kasus yang dialami 3 WNI itu.

Setelah berhasil meyakinkan bahwa hasil tes urine ketiganya negatif, Mahkamah Majistret akhirnya memutuskan untuk membebaskan tiga WNI itu karena tidak terbukti sebagai pemakai maupun pengedar narkoba.

"Kami juga berterima kasih kepada pihak keluarga serta AP3IS dan pihak KJRI sudah respon dan membantu," kata Zainul.

Redaktur: Reza Yunanto
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500