Pelatih Manchester United Jose Mourinho. Foto: Manchester United/Instagram

Hindari Pajak di Spanyol, Mourinho Dihukum Penjara 1 Tahun

Estimasi Baca:
Rabu, 5 Sep 2018 07:00:48 WIB

Kriminologi.id - Pelatih Manchester United, Jose Mourinho menerima hukuman satu tahun penjara karena menghindari pajak di Spanyol. Meski dijatuhi hukuman penjara, pria berkebangsaan Portugal itu tak benar-benar meringkuk dalam penjara. 

Dikutip surat kabar El Mundo, hukum di Spanyol menyatakan bahwa hukuman di bawah dua tahun bagi pelaku yang melakukan pelanggaran untuk pertama kali, boleh menjalani hukuman percobaan.

Terkait dengan berita ini, perwakilan dari pihak Mourinho tidak bisa dihubungi untuk dimintai komentarnya. Sementara pihak Manchester United dan badan perpajakan Spanyol juga tidak bersedia berkomentar.

Tahun lalu, Pengadilan Spanyol mengajukan tuntutan kepada pelatih yang kerap disapa Mou ini atas dua kasus pengemplangan pajak selama ia melatih Real Madrid.

Mou meninggalkan Real Madrid pada 2013 untuk kembali bergabung dengan klub Inggris Chelsea untuk kedua kalinya, sebelum kemudian melatih Manchester United sejak 2016. 

Otoritas Pajak Spanyol menyatakan bahwa eks pelatih Chelsea dan Inter Milan itu berutang sebanyak 3,3 juta Euro.

Pihak penuntut mengatakan bahwa Mourinho telah gagal dalam melaporkan pendapatannya di Spanyol untuk periode tahun 2011 dan 2012. Ia juga dinilai mencoba memperoleh keuntungan secara ilegal.

Menurut otoritas pajak Spanyol, Mourinho memang sudah melaporkan pendapatannya sehubungan dengan kewajiban membayar pajak setelah 2014 yang membuatnya dikenai penalti sebesar 1,15 juta Euro. Tapi pihak perpajakan kemudian menemukan bahwa informasi yang disampaikan dalam laporan tersebut tidak benar.

Pada Juni lalu, mantan bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo juga diancam hukuman dua tahun penjara dan membayar denda sebesar 18,8 juta Euro untuk kasus yang sama.

Penulis: Yenny Hardiyanti
Redaktur: Reza Yunanto
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500