Hukuman 3 Terpidana Suap APBD Jambi Berkurang 6 Bulan

Estimasi Baca :

Ilustrasi hukum korupsi. Ilustrasi: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id - Kriminologi.id
Ilustrasi hukum korupsi. Ilustrasi: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id

Kriminologi.id - Pengadilan Tinggi Jambi mengabulkan permohonan banding tiga terdakwa suap pengesahan APBD Provinsi Jambi tahun 2018 yakni Erwan Malik, Saifudin, dan Arfan. Keputusan banding tersebut mengurangi hukuman enam bulan penjara bagi ketiganya.

"Putusannya memang sudah kita terima dimana masing-masing terdakwa hukumannya dikurangi enam bulan dan kita akan sampaikan ke semua pihak pada Senin 16 Juli 2018," kata Lucas Sahabat Duha, Sabtu, 17 Juli 2018.

Putusan banding Pengadilan Tinggi Jambi itu telah diterima oleh pihak Pengadilan Tipikor Jambi. Dalam waktu dekat, hasil keputusan ini akan diberikan kepada kedua belah pihak baik itu KPK maupun Erwan, Saifuddin, dan Arfan.

Sedangkan, untuk denda dan pencabutan hak politik kepada ketiga terpidana tidak mengalami perubahan atau tetap sesuai dengan hukuman tingkat pertama di Pengadilan Tipikor Jambi.

Kuasa hukum ketiga terpidana, Sriani, mengatakan pihaknya belum menerima salinan putusan pengadilan tinggi itu. Saat ini, kata Sriani, ketiga kliennya masih berada di lapas kelas II A Jambi untuk menjalani hukumannya.

Seperti diketahui, Erwan Malik adalah mantan Plt Sekda Pemprov Jambi, Saipudin adalah mantan Asisten III Pemprov Jambi dan Arfan mantan Plt Kadis PUPR Provinsi Jambi. Ketiganya terlibat dalam suap pengesahan APBD Jambi senilai Rp 4,5 triliun.

Berdasarkan data yang dihimpun Kriminologi.id, ketiga terpidana atas kasus suap uang "ketuk palu" RAPBD Provinsi Jambi tahun anggaran 2018 itu dituntut hukuman penjara masing-masing 2 tahun 6 bulan dan denda Rp100 juta atau subsider 3 bulan.

Ketiganya terjerat dengan Pasal 5 ayat (1) huruf a dan b UU No 31 Tahun 1999 tentang Pembetantasan Tindak Pidana Korupsi. 

Tuntutan tersebut dibacakan langsung oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Trimulyono Hendradi di Pengadilan Tipikor Jambi, Kota Jambi, pada Rabu, 4 April 2018.

Dalam tuntutannya ketiga terdakwa dinyatakan bersalah karena tidak mendukung program pemerintah dalam hal pemberantasan korupsi. Sementara hal yang meringankan ketiga terdakwa, karena berlaku sopan dan tidak pernah di hukum. RZ

Baca Selengkapnya

Home Investigasi Vonis Hukuman 3 Terpidana Suap APBD Jambi Berkurang 6 Bulan

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu